Daya Tarik Indonesia Serta Faktor Pendorong

Posted on

Mengapa negara kita pernah dijajah oleh bangsa luar? itu karena Indonesia kaya akan variasi, lebih lagi kaya akan hasil alam sehingga bangsa kita pernah dijajah oleh bangsa yang tidak memiliki itu semua. Berikut ini beberapa daya tarik dan faktor pendorong sehigga sekarang banyak bangsa luar datang ke Indonesai sekedar menikmati indahnya Negara kita.

Keindahan alam

Tidak bisa dipungkiri, keindahan alam Indonesia merupakan salah satu yang terbaik didunia. Keindahan karya Tuhan ini merupakan suatu hal yang patut kita banggakan. Banyak sekali tempat yang eksotis dan sangat menakjubkan, beberapa diantaranya sudah diakui oleh dunia akan keindahannya. Seperti, Raja Ampat di Papua, Danau Toba di Sumatera Utara, Bunaken di Sulawesi Utara, dan Pantai Kuta di Pulau Bali.

Batik

Siapa sih yang tidak kenal Batik? Pasti semua orang didunia ini mengatuhuinya. Batik adalah salah satu budaya asli dari Indonesia yang dijalankan secara turun-temurun ,dari generasi ke generasi selanjutnya. Di setiap daerah di Indonesia pasti memiliki motif batik yang berbeda-beda. Batik juga merupakan primadona Indonesia yang sudah banyak dikenal di berbagai macam negara. Bahkan, beberapa motif Batik sudah banyak diketahui oleh dunia, Seperti Batik Jogjakarta, Batik Pekalongan, Batik Kalimantan, dan masih banyak yang lainnya.

Cita rasa kulinernya

Sudah tidak diragukan lagi bahwa sebenarnya Indonesia memiliki banyak potensi yang luar biasa. Setelah tadi kita membahas keindahan alam dan keindahan seni rupa batik, sekarang yang tidak kalah penting dari Indonesia adalah kulinernya. kuliner Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi kelezatannya. Bahkan, salah satu situs internasional menobatkan Rendang makanan khas Sumatera Barat sebagai makanan terlezat didunia. Disusul Nasi Goreng diurutan kedua. Oleh karena itu kita patut bangga dilahirkan di negeri yang luar biasa ini, Indonesia.

PELAJARI:  Mengungkit Terjadinya Pemberontakan Andi Azis

Adat istiadat dan kebudayaan

Adat istiadat dan Budaya merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari Indonesia. Adat Istiadat dan Budaya ini bukan suatu hal yang mendadak dibuat, melainkan suatu hal yang turun menurun dilestarikan sehingga tidak punah ditelan zaman. Kita wajib berbangga karena Indonesia mempunyai banyak Adat Istiadat dan Kebudayaan yang dapat menarik minat wisatawan untuk datang serta secara tidak langsung melestarikannya agar tidak punah. Banyak sekali Adat Istiadat dan Kebudayaan Indonesia yang bahkan sudah terkenal hingga Mancanegera, salah satunya adalah Lompat Batu dari Kepulauan Nias, Sumatera Utara dan kebudayaan Sisingaan dari Jawa Barat.

Keramah tamahan warga masyarakatnya

Entah kenapa, Indonesia seolah negara tersempurna yang diciptakan oleh Tuhan. Tuhan menciptakan Indonesia itu seolah ketika sedang tersenyum. Bagaimana tidak, selain memiliki SDA yang sangat-sangat melimpah, kuliner yang lezat nan memikat, adat istiadat dan budaya yang beragam, ditambah yang terpenting adalah keramah tamahan warga masyaraktnya yang membuat nilai lebih Indonesia dimata dunia.

Kekayaan flora dan fauna

Kekayaan Flora dan Fauna, adalah salah satu daya tarik Indonesia. Banyak sekali Flora dan Fauna endemik asli Indonesia yang masih terjaga sampai saat ini. Salah satunya adalah Komodo dan Bunga Raflesia Arnoldi atau lebih familiar dengan sebutan Bunga Bangkai. Keduanya masih bisa kita temui, jika Komodo masih bisa kita temui dipulaunya, yaitu Pulau Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sedangkan Bunga Raflesia Arnoldi atau Bunga Bangkai masih sering kita temui setiap tahunnya di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

PELAJARI:  Sumber Daya Alam yang Tidak dapat Diperbarui

Keanekaragaman biota bawah laut

Selain kaya akan Flora dan Fauna diatas tanah. Indonesia juga sangat kaya akan Biota laut. Tidak terhitung berapa jumlah dan jenisnya, mungkin ribuan atau bahkan jutaan. Banyak sekali Taman laut Indonesia yang memiliki kekayaan Biota laut yang sangat luar biasa, bahkan beberapa diantaranya sudah diakui dunia. Seperti, Taman laut Raja Ampat, Taman Laut Bunaken, Taman laut Wakatobi, dan Taman laut Banda.

Aneka kerajinan tangan yang mendunia

Hanya satu predikat kepada Orang-orang Indonesia itu selain ramah-tamah, yaitu kreatif. banyak sekali hasil kreativitas dan inovasi dalam membuat sesuatu yang bermanfaat dari hasil tangan Orang-orang Indonesia. Bahkan jika dapat dieksplor lebih jauh, komoditas hasil kreatif ini dapat menjadi sebuah pemasukan bagi Indonesia. Jika kita banyak mengekspor hasil-hasil kreatif ini ke luar negeri, otomatis negara juga akan dapat devisa. Selain itu, dengan mempermudah dalam kegiatan eksportir ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar sehingga mengurangi angka pengangguran.

Ragam alat musik tradisional

Memang, jika disuatu bangsa memiliki ragam Budaya dan Adat istiadat. Dapat dipastikan, bahwa dibangsa tersebut juga memiliki ragam aneka alat musik tradisonal. Seperti halnya Indonesia, di Indonesia terdapat banyak sekali Budaya dan Adat Istiadat. Itu terlihat dari hampir setiap daerah memiliki alat musik tradisional. Bahkan ada beberapa yang sudah mendunia. Ambil contoh Angklung dan Gamelan. Kedua alat musik tersebut bahkan sudah sah warisan dunia dari Indonesia oleh UNESCO.

PELAJARI:  Dasar Stratifikasi Sosial Masyarakat Feodal Jawa

Masih terdapat banyak rempah-rempah

Bangsa barat rela jauh-jauh berlayar mengarungi lautan itu sebenarnya untuk mencari rempah-rempah. Karena di negara asalnya, menemukan rempah-rempah bagaikan mencari jarum ditumpukan jerami. Oleh karena itu mereka rela jauh-jauh datang ke Indonesia sampai menjajahnya untuk menguasai semua hasil rempah-rempahnya. Di Indonesia sendiri, hampir semua rempah-rempah tersedia dengan subur. Seperti cengkeh, kunyit, jahe, Kayu manis, dan lain-lain Indonesia masih punya hamparan yang luas.

Faktor pendorong hingga banyaknya bangsa lain ke Indonesia karena:

  • Dulu Indonesia juga dikuasai rute dan pusat-pusat perdagangan oleh Timur tengah oleh orang-orang islam
  • Ada Perang Salib, Perang Salib itu perang antara Eropa melawan Bani Umayyah Kal Gasalah
  • Semangat 3G , yaitu Gold (Emas / Kekayaan) , Glory (Kekayaan) , Gospel (Menyebarkan agama Nasrani)
  • Sumber Daya Manusia yang banyak
  • Kaya akan rempah-rempah
  • Kaya akan minyak bumi
  • Adanya kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi) yaitu dengan ditemukan peta dan kompas yang sangat penting bagi pelayaran
  • Adanya jiwa petualang sehingga menggugah semangat untuk melakukan penjajahan samudra
  • Keunggulan lokasi Indonesia