Pengertian dan Perbedaan Antara Surga dan Neraka

Posted on

Surga dan neraka merupakan dua hal yang harus dipercayai dan juga diyakini oleh umat muslim di seluruh dunia.

Surga yakni sebuah tempat yang diperuntukkan bagi seseorang yang beriman semasa hidupnya sedangkan neraka yakni tempat yang diperuntukkan bagi orang-orang yang mempunyai dosa sepanjang hidupnya.

Manusia dibumi ini dianugerahi Allah dengan dua kenikmatan yang tiada taranya yakni kenikmatan di dunia dan juga kenikmatan akhirat. Kenikmatan dunia yakni ketika manusia diberikan fisik yang sempurna oleh Allah, diberikan mata, hidung, tangan, kaki dan organ penting yang lainnya. Sehingga manusia dapat beraktifitas dan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Allah juga memberikan yang namanya kenikmatan akhirat, yakni adanya nikmat setelah seseorang meninggal. Ketika di dunia manusia diberikan dua pilihan yakni melakukan kebaikan ataupun kejahatan. Dan setiap perbuatan tersebut memiliki konsekuensi di alam akhirat sana, jika seseorang tersebut lebih banyak timbangan kebaikannya maka surga adalah tempat yang kekal bagi mereka. Sedangkan bagi seseorang yang timbangan keburukannya lebih berat dari kebaikannya maka ganjarannya adalah neraka dan orang-orang tersebut juga kekal didalamnya.

PELAJARI:  Potongan Al Quran dan As Sunnah Tentang Dalil Asmaul Husna

Mengenai para penghuni neraka, para penghuni neraka adalah orang-orang yang termasuk dalam golongan orang kafir yakni orang yang tidak beriman kepada Allah, para malaikatnya, kitab-kitabnya, para rasulnya, hari akhir dan juga takdir dari sang ilahi. Orang-orang yang kafir tersebut kemudian dibawa ke neraka jahanam secara bersama-sama maupun berombong-rombongan. Maka telah menunggu para penjaga pintu neraka. Mereka berkata kepada mereka yang berbondong-bondong itu bahwa mereka akan kekal didalamnya. Dan neraka jahanam itu merupakan seburuk-buruknya tempat untuk orang-orang yang suka menyombongkan diri ketika masih hidup di dunia.

Adapun para penghuni surga yakni orang-orang yang beriman dan juga beramal shalih. Seperti halnya orang-orang di neraka tadi, maka orang yang akan menuju ke surga akan ditanyai oleh para penjaga pintu surga. Dan penjaga tersebut berkata bahwa orang-orang yang nanti akan masuk surga adalah orang yang berbahagia dan sejahtera dan orang-orang tersebut akan kekal di surga selamanya.

PELAJARI:  Kedudukan dan Hak Wanita dalam Islam

Dan sesungguhnya keyakinan terhadap adanya surga dan neraka akan mendorong umat muslim agar lebih beriman dan menjauhi segala larangan-Nya.

Dan demikianlah sekilas informasi tentang surga dan neraka. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.