Teknik Lukis Hanya Menggunakan Satu Jenis Warna

Posted on

Teknik lukis merupakan salah satu jenis karya seni rupa yang berkembang di Indonesia adalah lukis. Seni lukis adalah hasil curahan cita dan rasa dari subjek pencipta dengan menggunakan media karya yang berupa garis, bidang, warna, tekstur volume dan ruang dalam bidang dua dimensi.mTeknik melukis berkaitan dengan gaya/corak. Teknik melukis terdidiri dari:

Teknik linier, yaitu cara menggambar objek dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan, baik garis lurus maupun lengkung.

Teknik arsir,yaitu cara menggambar dengan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang objek sehingga tampak seperti tiga dimensi.

Teknik dusel, yaitu cara menggambar yang dalam menentukan gelap terang objek gambar menggunakan pesil gambar yang digoreskan dalam posisi miring ( rebah ).

PELAJARI:  Karakteristik Bahan Serat Alam

Teknik pointilisme, yaitu cara menggambar yang dalam menentukan gelap terang objek Gambar menggunakan pensil atau menggambar dengan dititik-titikan.

Teknik aquarel, yaitu cara menggambar dengan menggunakan cat air dengan sapuan warna yang tipis, sehingga hasilnya tampak transparan atau tembus pandang.

Teknik plakat, yaitu cara menggambar dengan menggunakan bahan cat air atau cat poster dengan sapuan warna yang tebal sehingga hasilnya tampak pekat dan menutup.

Sedangkan untuk teknik penggunaan warna ketika melukis dengan hanya menggunakan satu jenis warna merupakan teknik blok, yaitu cara menggambar dengan menutup objek Gambar menggunakan satu warna, sehingga hanya tampak bentuk globalnya ( siluet ).