Perbedaan Teori Evolusi Darwin vs Teori Evolusi Lamarck

Posted on

Apakah anda pernah berpikir bagaimana manusia pada jaman purbakala dulu? apakah memiliki fisik yang sama dengan manusia pada jaman sekarang? mungkin anda sama dengan saya yang dulunya pernah berpikir seperti itu.

Tapi pada kenyataannya ternyata bentuk fisik antara manusia pada jaman sekarang dan manusia pada jaman dahulu itu sangat berbeda, berubah secara lambat dan secara terus-menerus sampai menjadi manusia seperti sekarang.

Pengertian Revolusi dan Evolusi

Perubahan pada manusia dan juga hewan dapat dibagi menjadi dua yakni proses revolusi dan juga evolusi. Proses revolusi adalah perubahan yang cepat terjadi pada manusia maupun hewan.

Sedangkan evolusi adalah perubahan lambat dari bentuk yang sederhana menjadi bentuk yang lebih kompleks dan lebih lengkap maupun lebih sempurna dari biasanya.

Khusus mengenai evolusi ini, evolusi ini akhirnya menghasilkan banyak teori evolusi yang berbeda antara satu dan juga yang lainnya.

PELAJARI:  Tumbuhan tak Berpembuluh (lumut)

Salah satu teori revolusi yang terkenal dikemukakan oleh Charles Darwin. Bahkan saking terkenalnya teori yang dikemukakan olehnya, maka ketika kita membahas tentang evolusi maka yang pertama kali muncul adalah nama Charles Darwin.

Konsep mengenai evolusi ini sendiri muncul bersamaan dengan kemunculan teori tentang evolusi biologi yang juga merupakan salah satu teori tentang asal-usul kehidupan yang muncul setelah teori abiogenesis, biogenesis dan juga teori evalusi kimia.

Konsep evolusi sendiri dapat dibagi menjadi beberapa aspek yang berbeda ditinjau dari aspek hasil perubahan, ditinjau dari bagian yang mengalami perubahan, ditinjau dari kemampuan untuk bertahan hidup dan berkembangbiak dan berdasarkan proses terjadinya.

Evolusi sendiri terdiri dua macam yakni evolusi progresif dan juga evolusi regresif. Evolusi progresif sendiri ialah evolusi yang menuju pada kemungkinan dapat bertahan hidup. Evolusi regresif sendiri ialah evolusi yang menuju suatu proses kepunahan.

PELAJARI:  Pengertian Partenogenesis dan Contohnya

Dari evolusi tersebut terdapat beberapa teori, salah satu teori yang terkenal adalah teori dari Darwin yang telah saya singgung di awal tadi.

1. Jean Baptiste Lamarck

Lamarck mengungkapkan dalam bukunya bahwa evolusi mempunyai pengaruh pada ciri-ciri maupun sifat yang nantinya akan diwariskan kepada keturunannya. Organ dari suatu mahluk hidup juga akan berkembang, sedangkan apabila tidak dipergunakan sama sekali maka akan punah.

Lamarck berpendapat bahwa dulunya jerapah memiliki leher yang pendek. Namun karena ada jerapah yang dapat beradaptasi dengan baik dengan lingkungannya maka lehernya akan tumbuh menjadi panjang dan kemudian menurun ke keturunan dibawahnya. Sedangkan jerapah yang tidak beradaptasi dengan baik akan susah bersosialisasi dengan lingkungannya dan akhirnya akan punah.

PELAJARI:  Macam-macam Sendi pada Manusia

2. Teori Darwin

Teori darwin mengungkapkan bahwa evolusi terjadi bukan karena organik namun karena seleksi alam dan juga pertarungan dalam kehidupan, yang menyatakan bahwa hanya yang kuatlah yang akan terus hidup dan bertahan.

Contohnya seperti ini pada jaman dahulu jerapah ada dua jenis yakni jerapah yang berleher panjang dan juga jerapah yang berleher pendek. Jerapah yang berleher panjang tersebut lebih mudah mencari makanan karena dapat menjangkau pohon yang tinggi. Sedangkan jerapah yang berleher pendek menjadi tereliminasi dan akhirnya akan punah.

Nah, demikianlah dua teori yang diungkapkan oleh Lamarck dan Sarwin. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.