Manfaat Ideologi Bagi Suatu Negara

Posted on

Ideologi suatu negara sangat penting karena sangat bermakna dalam bagi suatu negara. Ideologi sangatlah diperlukan oleh suatu bangsa atau negara demi mewujudkan keinginan atau tujuan dari negaranya. Tanpa adanya kesepakatan bersama maka akan sangat mustahil untuk mewujudkan harapan atau cita cita dari negara tersebut. Oleh karena ideologi ini begitu sangat penting maka ada baiknya bila kita mengetahui apa arti penting ideologi ini bagi negara.

Pengertian Ideologi

Ideologi berasal dari kata idea (Inggris), yang artinya gagasan, pengertian. Kata kerja Yunani oida = mengetahui, melihat dengan budi. Kata “logi” yang berasal dari bahasa Yunani logos yang artinya pengetahuan. Jadi Ideologi mempunyai arti pengetahuan tentang gagasangagasan, pengetahuan tentang ide-ide, science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar. Dalam pengertian sehari-hari menurut Kalian ‘idea’ disamakan artinya dengan cita-cita.

Secara umum, Pengertian Ideologi adalah kumpulan suatu gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan dengan menyeluruh dan sistematis, menyangkut seluruh bidang kehidupan manusia.

Ideologi ini sangatlah diperlukan karena ideologi bisa membangkitkan kesadaran akan kemerdekaan dan juga memberikan motivasi untuk melakukan perlawanan terhadap penjajahan. Pentingnya ideologi ini bisa dilihat dari fungsi ideologi itu sendiri, ideologi bagi suatu bangsa ialah sesuatu yang berfungsi sebagai petunjuk arah dan juga pandangan hidup di semua kegiatan hidup suatu bangsa di berbagai aspek kehidupan.

Sifat Ideologi

Ada tiga dimensi sifat ideologi, yaitu dimensi realitas, dimensi idealisme, dan dimensi fleksibilitas.

Dimensi Realitas

Nilai yang terkandung dalam dirinya, bersumber dari nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, terutama pada waktu ideologi itu lahir, sehingga mereka betul-betul merasakan dan menghayati bahwa nilai-nilai dasar itu adalah milik mereka bersama. Pancasila mengandung sifat dimensi realitas ini dalam dirinya.

Dimensi idealisme

Ideologi itu mengandung cita-cita yang ingin diicapai dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila bukan saja memenuhi dimensi idealisme ini tetapi juga berkaitan dengan dimensi realitas.

Dimensi fleksibilitas

Ideologi itu memberikan penyegaran, memelihara dan memperkuat relevansinya dari waktu ke waktu sehingga bebrsifat dinamis, demokrastis. Pancasila memiliki dimensi fleksibilitas karena memelihara, memperkuat relevansinya dari masa ke masa.

Hakekat dan Arti Penting Ideologi

Indonesia menganut ideologi Pancasila, karena pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila berfungsi sebagai petunjuk arah bagi seluruh rakyat indonesia dalam membentuk sikap, moral, watak, perilaku, tata nilai, etika karena Pancasila adalah way of life. Dengan demikian, pancasila selalu terpancar dalam segala tingkah laku dan perbuatan setiap rakyat indonesia.

PELAJARI:  Pengertian Keadilan Vindikatif dan Contohnya

Hakikat ideologi Negara adalah nilai-nilai dasar yang disepakati oleh mayoritas warga Negara dan yang ingin diwujudnyatakan dalam kehidupan bernegara. Pancasila merupakan ideologi Negara, karena didalamnya terdapat nilai-nilai dasar yang disepakati oleh mayoritas warga Negara Indonesia dan ingin diwujudkan dalam kehidupan bernegara. Kesepakatan itu terjadi pada masa awal berdirinya Negara Indonesia, yaitu dalam sidang PPKI pada tanggal 18 Oktober 1945.

Makna Pancasila sebagai ideologi Negara adalah Pancasila mampu memberika arah, wawasan, asas, dan pedoman dalam seluruh bidang kehidupan Negara. Setidaknya ada 4 fungsi Pancasila sebagai ideologi, yaitu :

  1. Mempersatukan bangsa, memlihara dan mengukuhkan persatuan dan kesatuan.
  2. Membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuan
  3. Memberikan tekad dalam memelihara dan mengembangkan identitas bangsa.
  4. Menyoroti kenyataan yang ada dan kritis terhadap upaya perwujudan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila.

Dengan kata lain, sebagai ideologi Negara, Pancasila berfungsi sebagai pedoman kehidupan bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan Negara dan memperbaiki kehidupan bangsa Indinesia.

Seperti berdasarkan uraian diatas yang telah menyebutkan bahwa ideologi ini mempunyai arti yang sangat penting bagi negara, maka inilah arti pentingnya ideologi terhadap suatu negara :

  1. Dengan memiliki ideologi nasional maka suatu bangsa dan negara bisa berdiri dengan kukuh dan tidak mudah goyah atau terombang ambing oleh pengaruh dari ideologi lain dan bisa menghadapi persoalan yang ada.
  2. Negara atau bangsa bisa membangkitkan kesadaran akan pentingnya kemerdekaan, memberikan motivasi akan perjuangan untuk menggapai cita cita dan memberikan orientasi terhadap dunia dan semua isinya.
  3. Ideologi bisa mempersatukan orang dari berbagai latar belakang. Seperti mempersatukan orang dari berbagai macam golongan, ras, agama dan suku. Bahkan juga bisa menyatukan orang dari berbagai ideologi.
  4. Ideologi juga memberikan tujuan dan arah yang jelas menuju kehidupan yang ingin diimpikan atau diinginkan. Sebuah ideologi yang dihayati dan juga diamalkan oleh seluruh rakyat akan dapat mewujudkan kesatuan dan persatuan demi kelangsungan hidupnya.
  5. Ideologi bisa mengatasi konflik, masalah ataupun ketegangan sosial yang terjadi di masyarakat.
  6. Ideologi bisa dan mampu mempersatukan orang dari berbagai agama.

Fungsi Ideologi

Pentingnya ideologi dilihat dari fungsi dan peranannya. Makna dan arti ideologi bagi suatu negara atau bangsa adalah sesuatu yang  memiliki fungsi sebagai pandangan hidup dan sebagai petunjuk arah semua dalam kehidupan hidup serta penghidupan bangsa di berbagai aspek-aspek atau bidang dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara.

PELAJARI:  Syarat dan Teori yang Harus Dimiliki Negara yang Merdeka

Dengan ideologi, kita dapat mengetahui arah yang kita tuju. Tak heran jika suatu negara mempunyai ideologi masing-masing dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Beitu pentingnya peran ideologi bagi suatu negara, maka suatu negara wajib menganut sebuah ideologi yang akan mengantarkan merka pada cita-cita mereka. Ada berbagai macam ideologi di dunia, seperti kapitalisme, komunisme, liberalisme, anarkisme, sosialisme, pancasila, dan lain-lain.

6 Fungsi Ideologi Bagi Suatu Negara

Struktur kognitif

Struktur kognitif yakni segala pengetahuan dan pandangan yang merupakan landasan untuk memahami segala kejadian yang terjadi disekitarnya. Struktur kognitif ini menjadi pacuan dalam memahami dan menyikapi segala persoalan yang menghadapi sekelompok masyarakat atau bangsa ketika menghadapi masalah tertentu. Pemahaman ideologi oleh suatu bangsa dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang ada dalam negaranya, baik kebijakan politik, sosial, ekonomi, maupun kebudayaan.

Orientasi Dasar

Orientasi dasar yakni, membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukan tujuan dalam kehidupan masyarakat. Ideologi dalam hal ini berfungsi untuk menentukan suatu arah dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Suatu negara wajib mempunyai suatu ideologi agar dapat melangsungkan kehidupan bernegara. Jika suatu negara tidak memiliki suatu ideologi yang dianut, dapat diperediksikan negara tersebut akan mudah terpengaruh oleh ideologi-ideologi yang menyerang bangsa mereka sehingga bangsa tersebut akan dekat dengan kehancuran.

Norma-norma yang menjadi Pedoman

Negara-negara yang berideologi sangat berpegag teguh terhadap norma-norma yang menjadi pedoman dalm berbangsa dan bernegara. Segala aktivitas dalam menjadi warga masyarakat. Jadi dalam bertindak selalu dalam batsan norma-norma yang terkandung dalam ideologi terwebut. Dengan berpedoman dengan norma-norma, seseorang dapat terarah dalam bertingkah laku.

Jalan untuk Menentukan Identitas Diri

Sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya kita membangun jatidiri yang dapat memperkuat eksistensi ideologi yang kita anut. Ideologi dapat menentukan identitas diri suatu bangsa, yakni jatidiri yang berbeda dengan negara-negara lain. Identitas nasional Indonesia yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain salah satu di antaranya adalah adanya ideologi Pancasila sebagai dasar filsafat, pandangan hidup, kepribadian, dan dasar negara.

Kekuatan untuk Mencapai Tujuan

Ideologi juga berfungsi untuk mendorong dan menyemangati seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Tanpa adanya pandangan hidup yang di anggap sebagai pedoman dlam berbnagsa dan bernegara, suatu bangsa tidak akan mampu untuk mencapai tujuan dan cita-citanya. Oleh karena itu, ideologi adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam mewujudkan cit-cita negara tersebut.

PELAJARI:  Bunyi Dasar Negara Indonesia yang Otentik

Sumber Edukasi untuk Masyarakat

Selain lima diatas, ideologi berfungsi sebagai sumber pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, serta mempolakan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung didalamnya.

Manfaat Ideologi

Ideologi merupakan kumpulan ide atau gagasan. Ideologi juga dapat dipandang sebagai visi yang komprehensif dalam cara memandang segala sesuatu dalam kehidupan sehari hari. Ide ini diajukan oleh sekelompok masyarakat yang dominan dan pada akhirnya disetujui , diikuti oleh seluruh anggota masyarakat. Idelogi tersebut akhirnya menjadi ideologi atau falsafah atau dasar negara dan menjadi pegangan hidup bagi masyarakat atau rakyatnya.

Pentingnya paham atau ideologi di dalam sebuah negara tentu saja sangatlah mutlak, karena ideologi yang dianut sebuah bangsa atau negara maka di dalamnya terkandung cita cita dan impian yang ingin dicapai oleh negara tersebut. Ideologi ini sangatlah diperlukan karena ideologi bisa membangkitkan kesadaran akan kemerdekaan dan juga memberikan motivasi untuk melakukan perlawanan terhadap penjajahan.

Pentingnya ideologi ini bisa dilihat dari fungsi ideologi itu sendiri, ideologi bagi suatu bangsa ialah sesuatu yang berfungsi sebagai petunjuk arah dan juga pandangan hidup di semua kegiatan hidup suatu bangsa di berbagai aspek kehidupan.

Manfaat Ideologi bagi suatu negara, yaitu sebagai berikut :

  1. Menjadi pedoman bagaimana bangsa itu membangun dirinya.
  2. Memberi arah dan cita-cita bangsa yang bersangkutan.
  3. Memiliki pegangan dan pedoman bagaimana memecahkan masalah masalah politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.
  4. Mampu memandang persoalan-persoalan yang dihadapinnya dan menentukan arah serta bagaimana bangsa itu memecahkan persoalan yang di hadapi