7 Aliran Seni Lukis

Posted on

Seni merupakan salah satu cabang ilmu yang memiliki kriteria indah dan dapat menghibur orang yang berkecimpung dalam suatu seni maupun bagi seorang yang melihatnya maupun bagi para peminatnya. Seperti misalnya disini adalah seni musik, seni musik memiliki banyak cabang maupun genre yang berbeda-beda, misalnya seperti musik pop, jazz, dangdut maupun musik keroncong.

Seni musik dapat membuat senang orang yang berkecimpung di dalamnya maupun bagi para penikmat musik itu sendiri. Lalu bagaimana dengan seni lukis, adakah pembagian-pembagian yang sama seperti halnya seni musik? ternyata ada.

Seni lukis dapat dibagi menjadi beberapa aliran. Ingin tahu apa saja? mari kita bahas bersama-sama. Aliran seni lukis. Seni lukis adalah seni yang biasanya mengapresiasikan kreatifitas seorang seniman melalui bidang dua dimensi seperti misalnya kanvas, papan, kertas dan bidang seni lukis yang lainnya.

PELAJARI:  Mengenal Cabang Seni Rupa Murni (Pure Art / Fine Art)

1. Aliran surealisme

Aliran surealisme yakni melukis yang berhubungan dengan khayalan dan juga fantasi. Ataupun dalam suatu lukisan memiliki arti lain. Seniman yang melukis dengan aliran surealisme yakni sudiardjo dan amang rahman.

2. Aliran kubisme

Aliran kubisme adalah seni melukis dengan memiliki bentuk geometris. Seperti misalnya kubus dan juga segitiga. Contoh seniman yang menggunakan aliran kubisme yakni pablo picasso dan fernand leger.

3. Aliran romantisme

Aliran romantisme merupakan aliran yang menggambarkan suatu objek lukisan dengan indah dan juga menakjubkan. Kadang lukisan ini memiliki tema romantisme, sejarah, tragedi maupun suatu pemandangan yang indah. Seniman yang menganut aliran ini yakni theodore gericault dan jean baptiste.

PELAJARI:  Karakteristik Bahan Serat Alam

4. Aliran ekspresionisme

Aliran ini yakni aliran seni lukis yang memberikan kebebasan distorsi bentuk dan warna untuk melahirkan emosi ataupun biasanya menyatakan sensasi dari dalam. Seniman yang menggunakan aliran ekspresionisme adalah affandi dan juga vincent van gogh.

5. Aliran impresionisme

Aliran ini merupakan aliran seni lukis yang berusaha memberikan kesan terhadap suatu objek. Bentuk aliran impresionisme ini biasanya memiliki gambar yang kurang jelas maupun sedikit kabur. Seniman yang menggunakan aliran ini adalah sisley dan juga edward degas.

6. Aliran pointilisme

Aliran seni lukis pointilisme adalah aliran seni lukis yang menggambarkan sebuah objek lukisan dengan titik-titik. Seniman yang menggunakan aliran ini yakni rijaman dan keo budi harijanto.

PELAJARI:  Musik yang Berkembang Pada Zaman Pertengahan

7. Aliran fauvisme

Aliran fauvisme adalah aliran seni lukis yang memberikan kebebasan berekspresi, sehingga banyak objek lukisan yang dibuat kontras dengan benda ataupun objek yang sesungguhnya. Seniman yang menganut aliran ini adalah andre dirrain dan kess van dongen.

Nah, demikianlah sedikit informasi tentang 7 aliran seni lukis. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.