Beriman Kepada Malaikat

Posted on

Allah SWT menciptakan manusia, malaikat dan juga jin bertujuan untuk menyembah kepada-Nya dan selalu berzikir kepada-Nya. Manusia adalah makhluk Allah yang memiliki dua pilihan dalam hidupnya, berbuat baik dan juga berbuat jahat.

Allah memberikan kebebasan manusia untuk memilih untuk berbuat baik dan mendapatkan ganjaran surga maupun berbuat kejahatan dan ganjarannya adalah neraka.

Sedangkan jin sendiri merupakan ciptaan Allah SWT yang terbuat dari api. Setiap satu manusia yang terlahir ke dunia maka satu jin juga lahir ke dunia. Jin tersebut dapat menjadi jin yang kafir maupun jin yang mukmin. Jin kafir akan selalu menghasut manusia agar berbuat kejahatan. Sedangkan jin yang mukmin biasanya terpengaruh oleh manusia yang beriman dan suka berbuat baik.

PELAJARI:  Abad Diturunkannya Kitab Taurat kepada Nabi Musa a.s.

Sedangkan malaikat adalah makhluk pilihan Allah yang terbuat dari nur maupun cahaya. Malaikat adalah makhluk Allah yang selalu menuruti perintah-Nya dan selalu berzikir kepada-Nya. Sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk beriman kepada malaikat.

Iman kepada malaikat sendiri yakni meyakini dengan sepenuh hati dengan adanya malaikat ciptaan Allah SWT, dimana para malaikat tunduk dan juga patuh kepada Allah SWT dalam mengurus alam semesta dan isinya.

Beriman kepada malaikat memiliki banyak fungsi diantaranya adalah untuk menambah ketaatan kepada Allah SWT, untuk menjaga sikap dan untuk meningkatkan rasa sabar dan juga ikhlas.

Cara sederhana untuk beriman kepada malaikat dengan cara mengenal serta mengetahui sifat beserta tugas-tugasnya. Tugas malaikat itu sangat banyak yakni sebagai malaikat penjaga, malaikat pemohon ampunan, malaikat pendengar dan juga malaikat yang lainnya.

PELAJARI:  Manusia yang Yakin dengan Nama Allah Al-Matin (Yang Maha Kokoh)

Dari sekian banyak malaikat ada sepuluh malaikat yang wajib untuk kita ketahui sekaligus kita ketahui tugasnya. Malaikat jibril adalah malaikat yang menyampaikan wahyu dari Allah SWT. Malaikat mikail adalah malaikat yang tugasnya membagi dan juga memberikan rezeki. Malaikat israfil memiliki tugas meniup sangkakala di hari kiamat maupun di hari akhir nanti. Malaikat maut ditugaskan untuk mencabut nyawa manusia. Malaikat munkar dan juga nakir untuk bertanya pada manusia di alam kubur. Malaikat pencatat ada dua yang satu mencatat perbuatan baik manusia dan satu lagi mencatat perbuatan buruk manusia. Malaikat malik adalah malaikat yang menjaga pintu neraka dan malaikat ridwan yang bertugas untuk menjaga pintu surga.

PELAJARI:  Sujud Sahwi dan Hikmahnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Hikmah dari beriman kepada malaikat antara lain membentuk jiwa muslim sejati yang benar-benar beriman kepada Allah SWT. Mengontrol tindakan manusia agar selalu berhati-hati dalam setiap perbuatannya dan berusaha mengamalkan kebaikan. Beriman kepada malaikat juga dapat menumbuhkan rasa cinta kepada malaikat Allah. Dan yang terakhir adalah membuat keyakinan dan juga kepercayaan tentang kebesaran Allah SWT.

Nah, demikianlah sedikit informasi tentang beriman kepada malaikat. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.