Kegunaan Senyawa Hidrokarbon

Posted on

Dalam pelajaran kimia dikenal yang namanya senyawa hidrokarbon. Senyawa hidrokarbon sendiri adalah sebuah senyawa kimia yang tersusun dari unsur karbon dan juga unsur hidrogen.

Senyawa hidrokarbon ini dibagi menjadi dua macam maupun dua jenis yakni terdapat hidrokarbon alifatik dan juga hidrokarbon aromatik.

Hidrokarbon alifatik sendiri yakni hidrokarbon yang didalamnya mencakup alkana, alkena dan juga alkuna. Hidrokarbon aromatik adalah sebuah hidrokarbon yang mencakup benzena dan senyawa turunannya yang lain.

Sumber utama dari hidrokarbon bersumber dari semua bahan bakar yang terbuat dari fosil, seperti misalnya batubara, minyak bumi dan juga berupa gas. Senyawa hidrokarbon sendiri memiliki turunan senyawa yang lumayan banyak. Dan dapat dikatakan bahwasanya semua senyawa yang tergolong senyawa karbon ataupun senyawa masuk dalam kategori senyawa organik merupakan suatu senyawa dari hidrokarbon karena unsur utama maupun pokok yang menyusun senyawa tersebut adalah senyawa hidro dan karbon.

PELAJARI:  Mencegah Pembusukan dengan Proses Pengasinan

Senyawa hidrokarbon ini seperti senyawa kimia yang lainnya memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia sehari-hari.

Misalnya dalam industri pangan, senyawa hidrokarbon ini memperoleh energi dari matahari disaat tumbuh-tumbuhan menggunakan sinar matahari selama proses fotosintesis untuk menghasilkan glukosa. Glukosa ini biasanya digunakan sebagai salah satu sumber pangan utama bagi manusia dan juga hewan. Selain itu karbohidrat yang berasal dari makanan yang mengandung glukosa misalnya nasi memiliki kandungan energi yang cukup tinggi sehingga membuat manusia lebih berenergi dan juga bersemangat untuk melakukan kegiatan maupun aktifitasnya di pagi hari sampai di sore hari.

Dan senyawa hidrokarbon ini juga dapat dimanfaatkan dalam bidang sandang dan juga papan. Tak banyak yang tahu bahwa sesungguhnya kapas ataupun wol terbuat dari protein, entah itu kapas yang digunakan sebagai perban untuk luka bagian luar maupun kapas yang nantinya digunakan untuk membersihkan wajah. Nilon juga merupakan bahan kain yang dibuat dari senyawa polimer yang merupakan turunan dari hidrokarbon. Kain yang terbuat dari nilon merupakan bahan kain yang banyak digunakan untuk membuat pakaian.

PELAJARI:  Teknik Pemisahkan Fraksi Minyak Bumi

Sedangkan di bidang papan sendiri, senyawa hidrokarbon ini adalah selulosa dan juga kayu.

Sedangkan di bidang seni, senyawa hidrokarbon ini digunakan untuk membuat lilin maupun wax yang dapat digunakan untuk memahat dalam sebuah seni pahat.

Nah, demikianlah informasi singkat tentang senyawa hidrokarbon, semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.