Sejarah Lahirnya Internet dan Berbagai Fasilitas di Internet

Posted on

Di era tekhnologi dan informasi sekarang ini, apapun bisa dilakukan dengan perantara internet. Tidak seperti jaman dahulu kala yang ribet dan juga tidak praktis, karena bantuan internet maka semuanya menjadi lebih mudah lagi.

Misalnya seperti ini apabila dulunya kita harus berbelanja ke pasar maupun swalayan dengan berjalan kaki maupun dengan memakai kendaraan umum. Maka di jaman sekarang berbelanja pun menjadi lebih praktis dan juga simpel dengan bantuan internet.

Dengan internet berbelanja pun menjadi mudah yakni hanya dengan membuka internet, memesan via online barang yang anda butuhkan dan barang yang anda pesan pun datang dengan sendirinya setelah anda mentransfer harga barang yang anda inginkan tadi.

PELAJARI:  Jenis Memori yang Memiliki Kecepatan Akses Paling Cepat Adalah?

Selain mempermudah dalam berbelanja, internet juga sebagai sarana penyambung silaturahmi yang sempat terputus antara sanak Keluarga, sahabat maupun orang yang tercinta. Cara menyambungkan silaturahmi antar keluarga, sahabat maupun orang yang tercinta dengan menggunakan sosial media yang terdapat di internet.

Sosial media, seperti namanya adalah media yang akan menghubungkan orang yang sudah dikenal maupun orang baru yang baru dikenal. Sosial media ini sangat banyak sekarang, seperti facebook, twitter maupun instagram yang sekarang sedang nge-hits di kalangan anak muda kekinian.

Tapi ngomong-ngomong mengenai internet, sebenarnya bagaimana ya sejarah dari si internet ini. Kata internet sendiri berasal dari bahasa latin yakni gabungan dari kata inter dan juga net. Inter memiliki arti antara dan juga net memiliki arti jaring, sehingga secara harfiah memiliki arti jaringan antara maupun jaringan penghubung.

PELAJARI:  Peran Penting FTP (File Transfer Protocol) di Dunia Internet

Sedangkan secara luas pengertian internet adalah jaringan computer yang luas dan juga besar yang mendunia dan menghubungkan pengguna komputer dari satu negara dengan negara lainnya di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat sumber informasi.

Mengenai sejarah lahirnya internet untuk pertama kalinya, di tahun 1969 departemen amerika serikat yakni US Devence Research Projects Agency ataupun DARPA mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk suatu jaringan organik, program riset ini dinamakan ARPANET.

Tempat tempat yang terhubung dengan internet pertama kali yakni University of Utah, University California of Los Angeles atau UCLA, University California of Santa Barbara atau UCSB, dan Stanford University.

PELAJARI:  Jenis Memori yang Memiliki Kecepatan Akses Paling Cepat Adalah?

Fasilitas maupun layanan yang terdapat di internet antara lain www (world wide web), e-mail (electronic mail), IRC (internet relay chat), Telnet, mailing list, newsgroup, gopher, FTP (File transfer protocol), http( hyper text transfer protocol).

Nah demikianlah sekelumit cerita tentang internet. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.