Pengertian Teks Cerita Fabel dan Contoh Teks Cerita Fabel

Posted on

Bahasa Indonesia memiliki beberapa jenis teks, salah satu teks tersebut adalah teks cerita fabel. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang apa dan bagaimana itu teks fabel. Selamat menyimak.

Pengertian Teks Fabel

Teks cerita fabel adalah teks cerita yang mirip dengan teks legenda maupun teks dongeng tapi cerita fabel ini berkutat pada cerita dongeng yang bertema hewan yang dapat berbicara layaknya manusia.

Manusia dapat berbicara dan juga melakukan kegiatan-kegiatan lain seperti misalnya berjalan, berlari dan kegiatan yang lainnya. Maka binatang dalam cerita dongeng fabel ini dapat melakukan hal-hal yang dilakukan oleh manusia tadi.

Salah satu puisi yang menceritakan mengenai fauna adalah puisi dari Taufiq Ismail yang berjudul Gajah. Dalam puisi berjudul Gajah tersebut sang penulis sangat detail menjelaskan tentang hewan gajah. Dan tentu saja puisi ini akan sangat indah dan juga hidup bila dirubah ke dalam cerita fabel.

PELAJARI:  Mengevaluasi Teks Negosiasi

Selain gajah, tentu banyak binatang yang dapat dijadikan sebagai tokoh cerita fabel yakni seperti misalnya hewan monyet, buaya, kancil maupun kura-kura.

Contoh Teks Fabel

Salah satu contoh fabel adalah cerita mengenai Ayam dan Elang.

Pada suatu hari ayam sangat takjub ketika melihat elang yang sedang terbang dengan sangat tinggi di atas awan, dia ingin tahu apa rahasia dari sang elang. Padahal mereka berdua sama-sama memiliki sayap, kenapa hanya elang yang dapat terbang dengan sayapnya.

Ketika elang turun untuk minum di sungai, ayam segera mendekati elang dan bertanya rahasianya,

“Hai elang! ” sapa ayam kepada elang.

“Hai ayam, ada apa? ” tanya elang kepada ayam.

“Aku mau bertanya kepadamu, kita kan sama-sama memiliki sayap, kenapa hanya kamu yang dapat terbang dengan bebas ke angkasa, tapi aku tidak bisa? ” tanya ayam ingin tahu.

” Tentu bangsa kami memiliki rahasia yang tidak boleh dikatakan kepada Orang lain, ” kata elang kepada ayam.

” Ayolah kasih tahu aku, aku kan sahabatmu, ya, ya, ” pinta si ayam dengan mengiba.

Akhirnya elang memberitahukan rahasianya kepada ayam, dia dapat terbang karena telah menjahit sayapnya dengan jarum emas. Akhirnya ayam pun meminjam jarum emas tersebut dan berjanji untuk mengembalikannya besok sore.

Ayam pun menjahit sayapnya dengan teliti menggunakan jarum emas sampai ia dapat terbang walaupun masih rendah, kemudian ia ingin menjahit lagi sayapnya dan karena terlalu terburu-buru akhirnya jarum emas itu jatuh ke lembah dan ayam pun susah untuk menemukannya walaupun telah mengais-ngaisnya dengan kukunya.

Elang marah setelah mengetahui jarum emasnya hilang dan mengutuk ayam bahwa ayam dan juga keturunannya tidak akan selamat bila bertemu dengan elang di masa depan nanti.

Nah, demikianlah informasi tentang teks cerita fabel, pengertian dan contoh teks fabel yang bisa Anda pelajari. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.

PELAJARI:  Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Cerita Pendek