Pengertian Diferensiasi Suku Bangsa

Posted on

Indonesia merupakan negara kepulauan di antaranya pulau satu dan lain saling terpisah, sehingga di Indonesia terdapat berbagai jenis suku bangsa. Adapun pengertian suku bangsa atau etnis adalah suatu kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan dengan corak khas. Suku bangsa atau etnis dapat pula diartikan sebagai suatu golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dalam identitas akan kesatuan kebudayaan. Antara suku bangsa yang satu dengan yang lain dibedakan berdasarkan perbedaan adat istiadat dan bahasa.

Adapun perbedaan tersebut adalah sebagai berikut di Pulau Jawa terdapat suku bangsa Jawa, Sunda, Madura; di Sulawesi terdapat suku bangsa Toraja, Bugis, Minahasa; di Pulau Sumatera terdapat suku bangsa Aceh, Batak, Minangkabau, Komering, Rejang, Nias; di Kalimantan terdapat suku bangsa Dayak; di Pulau Bali terdapat suku bangsa Bali; di Papua (Irian Jaya) terdapat suku bangsa Mapia, Kamoro, Asmat, dan banyak lagi suku bangsa lain yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia.

PELAJARI:  Macam - Macam Gejala Sosial Dilihat Dari Aspek Ekonomi

Suku bangsa adalah golongan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial lainnya, karena mempunyai ciri-ciri yang paling mendasar dan umum yang berkaitan dengan asal usul, tempat asal, serta kebudayaannya. Ciri-ciri yang paling mendasar tersebut, antara lain kesamaan dalam hal ciri fisik, bahasa daerah, kesenian, dan adat istiadat.

Pengertian suku bangsa atau etnis:

  1. Menurut Alex Thio, kelompok etnis adalah kelompok masyarakat yang selalu berbagi kebudayaan.
  2. Menurut William Kornblum, kelompok etnis adalah sekelompok masyarakat yang memiliki identitas kebudayaan tertentu dan memiliki leluhur secara pasti.
  3. Menurut Bruce J. Colnen, kelompok etnis dibedakan oleh karakteristik budaya anggotannya.’
  4. Menurut Koentjaraningrat, yang dimaksud etnis adalah golongan individu masyarakat yang memiliki kesadaran dan identitas kesatuan budaya yang dikuatkan dengan kesatuan bahasa.
PELAJARI:  Ciri-Ciri dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan bahasa dan adat istiadat dalam masyarakat Indonesia yaiut:

  1. Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dibatasi lautan.
  2. Keadaan alam dan letak geografis yang berbeda.
  3. Lingkaran hukum adat dan kemasyarakatan yang berlainan.
  4. Latar belakang sejarah yang berbeda.

Dasar dari diferensiasi suku bangsa di Indonesia dapat dilihat dari adat-istiadat yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Perbedaan adat-istiadat demikian akan membawa perbedaan pula dalam gaya hidup masyarakatnya. Adapun secara umum untuk membedakan diferensiasi suku bangsa di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Fisik yang ada pada manusia seperti warna kulit dan bentuk rambut.
  2. Penuturan bahasanya.
  3. Pola perilaku dalam adat-istiadatnya.
  4. Hasil kebudayaannya.
  5. Kesadaran identitas diri.
PELAJARI:  Definisi Pendidikan Karakter - Pengertian Pendidikan Karakter

Melalui suku bangsa inilah sebuah prinsip yang dikembangkan anggotanya mempunyai kekuatan social yang tidak bisa ditawar ataupun dibendung. Suku bangsa adalah golongan sosial yang dibedakan dari golongan sosial lainnya karena mempunyai ciri-ciri paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal usul dan tempat asal serta kebudayaannya.

Adapun ciri-ciri suku bangsa adalah:

  1. Secara tertutup berkembang biak dalam kelompoknya.
  2. Memiliki nilai-nilai dasar yang terwujud dan tercermin dalam kebudayaan.
  3. Mewujudkan arena komunikasi dan interaksi.
  4. Mempunyai anggota yang mengenali dirinya serta dikenal oleh orang lain sebagai bagian dari satu kategori yang dibedakan dengan yang lain.