Pukulan dalam Shuttlecock Badminton Ganda

Posted on

Dalam bidang olahraga, permainan badminton bukan lagi hal baru dikenal. Permainan ini adalah salah satu permainan yang cukup banyak disukai oleh para pemain olahraga dan tentu saja anakmuda.

Dalam permainan badminton, pukulan tentu sangat berperan penting didalamnya. pukulan yang kuat dengan teknik yang tepat dapat menjadikan pukulan tersebut menjadi pukulan yang mematikan bagi lawan bahkan pukulan kecang dari lawan pun dapat dibalikan dengan mudah bila memang teknik memukulnya sudah benar dan teapat mengenai bola.

Jenis Pukukan dalam olahraga badminton

Teknik pukulan adalah cara yang dilakukan untuk memukul shuttlecock ke arah lapangan lawan atau bisa dibilang membalikkan bola ke arah lapangan lawan. Ada banyak teknik pukulan dasar dalam permainan bulutangkis ini diantaranya: Pukulan service, pukulan lob, pukulan dropshot, pukulan smash dan pukulan drive.

PELAJARI:  Pengertian Lari Marathon dan Teknik Dasarnya

Pada artikel ini kita akan membahas pukulan dalam shuttlecock badminton ganda. Dari berbagai macam pukulan salah satu pukulan yang paling banyak digunakan dalam permainana ganda bulutangkis yaitu pukulan drive.

Pukulan drive adalah pukulan bola yang nantinya mendatar dan cepat sehingga lawan akan kesulitan untuk mengembalikan bola. Pukulan ini biasanya selalu diarahkan pada samping kanan atau kiri lawan, namun pukulan seperti ini biasanya sering dipakai pada saat permainan ganda, dan pukulan ini pun dapat dilakukan dengan cara forehand dan backhand.

Caranya pukulan drive forehand adalah sikap awal harus berdiri menghadap ke arah samping kenan, lalu pukulan bola datar dengan ayunan tangan dari belakang menuju arah depan. Lalu cara pukulan drive backhand adalah sikap awal harus berdiri kangkang dengan selebar bahu lalu pandangan mata harus ke arah samping kanan dengan badan sedikit miring ke arah kanan, dan bila yang datang dari arah kanan dari tubuh harus dipukul dengan ayunan raket dari arah belakang ke arah depan, diusahakan bola harus jalannya datar.

PELAJARI:  Cara Melakukan Gerak Lengan Pada Nomor Jalan Cepat