Pengertian Pantai dan Pesisir

Setiap orang suka bepergian ke pantai. Mereka biasanya suka berjemur di pantai, berenang maupun hanya sekedar menghabiskan waktu di pantai dan ingin menghilangkan penat dan juga stress yang selama ini menggelayut di hati dan pikiran.

Tapi tak banyak yang tahu apa itu sebenarnya pantai, yakni tentang pengertiannya. Padahal dalam ilmu geografi hal ini dibahas secara detail dan menyeluruh.

Pantai sendiri ialah bagian dari permukaan bumi yang terdekat dengan perairan laut dan biasanya dipengaruhi juga oleh kondisi cuaca dari laut. Pantai biasanya memiliki dua bentuk utama yakni pantai berbentuk curam dan juga pantai berbentuk landai.

Pantai curam ini biasanya terdalam di daerah maupun area pegunungan yang berbatasan dengan laut baik yang sejajar maupun yang memotong garis pantai.

Bentuk permukaan pantai itu tidak statis tapi biasanya dinamis dan juga senantiasa mengalami suatu perubahan yang biasanya disebabkan oleh gelombang, arus, dan pasang surut yang merupakan tenaga yang mengikis dan mengangkut dan juga mengendapkan material di pantai.

PELAJARI JUGA:  Jenis - Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

Dan juga disebabkan oleh perubahan ketinggian relatif pada permukaan laut, karena pembekuan ataupun pencairan es dan penaikan maupun juga penurunan bagian litosfer. Dan yang terakhir di sebabkan oleh pengaruh kegiatan manusia seperti misalnya adanya pembuatan pelabuhan, pengeringan rawa-rawa dan juga pengerukan wilayah maupun area sungai.

Jika kita membicarakan tentang pantai maka tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya pesisir. Pesisir sendiri memiliki arti bagian dari sebuah pantai yang tergenang pada saat air laut pasang dan kering waktu air laut surut.

Daerah ini pada waktu kering dapat dimanfaatkan sebagai suatu lahan pertanian dan juga daerah tambak yang biasanya diisi oleh udang dan juga garam oleh masyarakat sekitar pantai.

Pesisir biasanya merupakan daerah yang meliputi pantai dan perluasannya biasanya sampai ke arah darat sampai dengan batas pengaruh laut akhirnya tidak ada lagi sama sekali.

Jika dilihat dari zonasinya maka pesisir ini termasuk kedalam zona litoral karena terkadang daerah pesisir ini tergenang ketika air laut pasang dan juga mengering ketika surut.

PELAJARI JUGA:  Dampak Positif dan Negatif Hubungan Ekosistem Air Tawar dengan Lingkungan

Daerah pesisir ini dibagi menjafi tiga zona yang berbeda yakni terdapat zona pesisir daratan, daratan aluvial dan juga pulau penghalang. Pesisir daratan adalah pesisir yang mengalami pengangkatan yang semula berada dibawah laut kemudian menuju bekas paparan benua.

Pesisir dataran aluvial adalah pesisir yang biasanya terbentuk oleh pengendapan material aluvium yang berasal dari daratan. Sedangkan pulau penghalang sendiri ialah wilayah pesisir dengan perairan dangkal suatu lepas pantai yang luas dan juga terpisah dari lautan oleh suatu pulau penghalang.

Nah, demikianlah pengertian dari pantai dan pesisir. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.