Alasan Indonesia Disebut Bangsa yang Heterogen

Posted on

Indonesia adalah keanekaragaman suku, tradisi, dan budaya itu sendiri yang melebur bersama-sama menjadi satu di bawah bendera Merah Putih, berbeda -beda namun tetap satu jua layaknya sebuah semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Sebagaimana yang kita ketahui makna dari kata heterogen itu sendiri yaitu sesuatu yang terdiri atas berbagai unsur yg berbeda sifat atau berlainan jenis ( keanekaragaman). Seperti halnya dengan Indonesia yang terdiri dari beribu pulau dari Sabang hingga Merauke menjadikan negara ini kaya akan suku, bahasa, dan tradisi yang berbeda- beda. Setiap daerah memiliki tradisi yang khas dan patut untuk dilestarikan meskipun di era modernisasi seperti sekarang ini.

Seperti yang kita ketahui di Taman nasional Indonesia Indah (TMII) kita bisa menemukan replika indonesia dari Rumah Adat tiap Propinsi hingga flora dan fauna khas Indonesia yang beranekaragam. Dari bahasa kita dapat menemukan berbagai macam kata walaupun berarti satu.

PELAJARI:  Nilai-Nilai yang diterapkan untuk Menghadapi MEA

Untuk Kulinernya saja Indonesia tidak kalah dengan negara lain. Setiap suku memiliki makanan daerah yang berbeda dan tentunya mempunyai ciri khas yang menggoyangkan lidah.

Indonesia yang begitu kaya akan sumber daya alamnya baik Hayati maupun Non hayati. Panorama alam yang disuguhkan dari Ujung Pulau Sabang hingga Pulau Merauke pun sangatlah indah mempesona hingga seantero pelosok dunia. Indonesia yang secara geografis merupakan Negara Kepulauan yang terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta berada di antara garis khatulistiwa sehingga menjadikan negara ini sebagai faktor penentu keadaan iklim dunia dan memiliki hutan tropis yang cukup luas tersebar di seluruh Propinsi di Indonesia yang dulu dikenal sebagai paru- paru dunia.