Menelaah dan Merevisi Teks Tanggapan Kritis

4/5 - (1 vote)

Pada Tugas 3 ini kamu diminta menelaah dan merevisi teks tanggapan kritis. Teks yang akan kamu telaah adalah teks “Remaja dan Game Online”, sedangkan teks yang akan kamu revisi adalah teks “Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan

 

1. Menelaah Teks “Remaja dan Game Online”

Pada tugas ini kamu menelaah unsur kebahasaan pada teks “Remaja dan Game Online” pada Tugas 1 Kegiatan 1. Penelaahan unsur kebahasaannya berkaitan dengan penggunaan ungkapan (kata-kata) penyetujuan atau penolakan pendapat, penyimpulan data dari orang lain, majas penghalusan, dan kata bilangan. Kamu dapat mempelajari contoh penggunaan unsur kebahasaan yang diberikan sebagai pedoman.

1) Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan

  • Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif.
  • Banyak juga dampak positif yang diterima oleh anak dan lingkungannya jika mereka bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.
  • Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing.
  • Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.
  • Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.

2) Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis.

  • Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi.
  • Tidak sedikit game online yang beredar mengusung tema kekerasan.
  • Game-game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman, dan tindakan lain yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung oleh anak-anak.
  • Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi oleh anak-anak.
  • Wanita yang berpakaian tidak pantas dan serba terbuka sudah lazim ditemui di game-game yang beredar.

3) Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain

  • Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar.
  • Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka.
  • Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar.
  • Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa game online dapat memengaruhi kemampuan anak ke arah positif seperti merangsang saraf motorik mereka dalam bereaksi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motorik mata dan tangan menjadi lebih terlatih, merangsang kemampuan mereka dalam berstrategi, dan merangsang kemampuan mereka berpikir untuk memecahkan masalah.

4) Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain

  • Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi negatif anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan dan asyik dengan dirinya sendiri.
  • Anak hanya akan peduli pada dirinya sendiri.
  • Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada 2009 mengatakan bahwa ada hubungan antara kecenderungan game online dengan ranah keterampilan sosial, yaitu korelasi negatif yang signifikan antara kecanduan game online dan sensitivitas emosional serta ekspresi sosial.
  • Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi dampak yang tidak dapat dihindari apabila anak-anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online.
  • Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat dapat diselesaikan jika orang tua dan anak-anak selalu berkomunikasi, memahami apa itu hobi, serta kapan dan di mana anak harus bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.

5) Ungkanpan tanggapan yang menggunakan gaya bahasa penghalusan

  • Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi.
  • Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari game online ini.
  • Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan.
  • Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secara akademis.
  • Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.

6) Ungkapan tanggapan yang menggunakan kata bilangan atau urutan informasi

  • Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa game online dapat memengahruhi kemampuan anak ke arah positif seperti merangsang saraf motorik mereka dalam bereaksi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motorik mata dan tangan menjadi lebih terlatih, merangsang kemampuan mereka dalam berstrategi, dan merangsang kemampuan mereka berpikir untuk memecahkan masalah.
  • Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi negatif, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan. Anak hanya akan peduli pada dirinya sendiri.