Zat-zat yang terdapat pada Makanan Sehat

Makanan sangat diperlukan oleh manusia untuk bertahan hidup. Zat-zat yang terdapat di dalam makanan memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila kurang zat-zat tersebut maka badan menjadi kurus, lemas, dan tidak bertenaga. Kekurangan zat makanan juga bisa mendatangkan penyakit. Oleh karena itu kmu harus menjaga asupan gizi dengan baik. Berikut ini beberapa zat yang terdapat di dalam makanan yang dibutuhkan oleh manusia.

 

Karbohidrat

Karbohidrat merupkan zat yang dibutuhkan oleh tubuh dengan jumlah besar. Kuantitas tersebut berdasarkan umur dan aktifitas yang dikerjakan. Orang dewasa akan lebih banyak membutuhkan karbohidrat. Manusia membutuhkan karbohidrat untuk menghasilkan energi atau tenaga. Makanan yang mengandung karbohidrat antara lain seperti nasi, kentang, dan gandum.

Lemak

Lemak dapat digolongkan menjadi dua yaitu lemak hewani dan lemak nabati. Lemak hewani merupakan lemak yang asalnya dari hewan seperti daging dan minyak ikan. Sedangkan, lemak nabati merupakan lemak yang asalnya dari tumbuhan seperti kacang tanah dan kelapa. Lemak juga dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga dan cadangan makanan. Tenaga yang dihasilkan oleh lemak akan lebih besar bila dibandingkan dengan karbohidrat.

Protein

Protein dpat digolongkan menjadi dua yaitu protein hewani dan nabati. Protein hewani merupakan protein yang berasal dari hewan misalnya seperti daging, telur, dan susu. Sedangkan protein nabati merupakan protein yang asalnya dari tumbuhan seperti kacang tanah dan kedelai. Protein ini merupakan zat yang memiliki fungsi sebagai zat pembangun karena membantu pertumbuhan tubuh maupun untuk mengganti bagian tubuh yang mengalami kerusakan.

Mineral

Mineral merupakan zat yang tidak dapat dihasilkan oleh makhluk hidup. Namun, mineral sangat diperlukan oleh makhluk hidup. Fungsi dari mineral yaitu sebagai pembangun dan pengatur sistem dalam tubuh. Mineral yang diperlukan oleh tubuh bermacam-macam misalnya seperti zat besi, zt kapur, fluor, yodium, dan lain sebagainya.

Vitamin

Vitamin sngat berguna untuk manusi karena sebagai  zat pengatur sistem dalam tubuh. Ada beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh manusia antara lain seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitmin D, vitamin E, dan vitamin K. Beberapa vitamin tersebut dapat diperoleh dari buah-buahan dn sayur-sayuran.

Air

Air juga sangat diperlukan oleh tubuh karena sekitar 75% dari tubuh manusia terdiri dari air. Kebutuhan air tiap mnusia berbeda, biasanya orang dewasa lebh banyak membutuhkan air yakni sekitar 2,5 liter per hari. Air memiliki fungsi seperti mampu membantu pencernaan makanan, melarutkan zat-zat yng terdapat di dalam tubuh, serta mampu mengatur suhu tubuh. Apabila tubuh kekurangan air maka tubuh akan cenderung lemas.