Menyusun Teks Rekaman Percobaan

Tujuan menyusun teks rekaman percobaan adalah untuk memahami bagaimana teks tersebut disusun. Teks rekaman percobaan ini dapat dilakukan dengan benar jika menggambarkan sesuatu sesuai fakta bukan opini dan pendapat dari seseorang. Sebelum menyusun teks rekaman percobaan, sebaiknya terlebih dahulu melakukan penelitian. Data yang didapat dari penelitian tersebut dicatat secara jelas dan perinci, agar lebih mudah untuk menyusunnya.

 

Namun perlu kamu ketahui bahwa dalam menyusun teks rekaman percobaan harus sesuai dengan aspek struktur dan kebahasaannya. Selain itu, tidak boleh menimbulkan multitafsir dan bahasanya harus lugas dan jelas. Bahasa dalam teks rekaman percobaan biasanya menggunakan kalimat kompleks, kata penghubung, kata rujukan, dan isilah teknis.

Pada bagian ini kamu ditugaskan untuk menyusun teks rekaman percobaan yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain. Kamu bisa mencari data dari media massa dan elektronik. Maka dari itu, lakukan tugas proyek berikut sesuai dengan perintah.

  1. Tentukan tema teks rekaman percobaan yang akan kamu susun! Tema tersebut dapat berhubungan dengan diri sendiri, orang lain, sekolah, atau sesuatu yang menarik bagimu.
  2. Kembangkan tema tersebut menjadi kalimat-kalimat dengan menggunakan kata-kata sendiri dan penggunaan bahasa yang benar!
  3. Susun dan gabunglah kalimat-kalimat tersebut sehingga menjadi teks rekaman percobaan yang urut dan logis! Kalimat-kalimat yang kamu gabung itu sesuai dengan bagian struktur teks rekaman percobaan, yaitu tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil, dan simpulan. Agar keterkaitan di antara kalimat-kalimat dalam setiap bagian itu tampak, kamu harus menggunakan konjungsi antarkalimat yang tepat.
  4. Agar teks yang kamu susun itu penggunaan bahasanya sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, cermati dan teliti kembali hasil karyamu itu! Kamu dapat menggunakan buku Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai acuan
  5. Setelah teks rekaman percobaan hasil kerja kelompokmu selesai, minta guru atau temanmu untuk membacanya, kemudian minta saran perbaikan dari mereka!
  6. Perbaiki teks hasil kerjamu itu sesuai dengan saran dan masukan guru! Kemudian, masukkan pada format penulisan seperti berikut!.

Baterai Alami dari Kulit Pisang

Struktur tujuan serta alat dan bahan

Kalimat
Energi listrik merupakan salah satu dari sekian banyak energi yang memegang peranan penting dalam kehidupan. Penggunaan energi listrik di dunia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Sementara itu, suplai energi listrik yang bersumber dari minyak bumi, gas alam, dan batu bara memiliki keterbatasan. Ada banyak sumber energi alternatif yang dapat dihasilkan dari bahan limbah salah satunya energi yang dihasilkan dari limbah kulit pisang. Dengan demikian ada sebuah energi listrik alternatif yang dapat dikembangkan di kemudian hari. Berikut adalah percobaan tentang kelistrikan yang dapat kamu coba di rumah.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

  • Kulit pisang
  • Baterai bekas
  • Pisau
  • Voltmeter

Struktur langkah-langkah

Kalimat
Langkah-langkah Pembuatan

  1. Potong kulit pisang menjadi sekecil mungkin
  2. Buka tutup baterai (+) menggunakan tang, hati-hati batang karbon jangan sampai patah
  3. Keluarkan semua isi karbon, pembatas antara positif dan negative jangan sampai robek atau rusak
  4. Masukan kulit pisang yang sudah di potong-potong dan tutup kembali tutup baterai dengan rapi
    Cek aliran listrik menggunakan voltmeter, apabila voltmeter bergerak menunjukan adanya aliran listrik pada baterai
  5. maka percobaan anda berhasil.

Struktur hasil

Kalimat
Setelah langkah-langkah terlaksana, kini kamu memiliki salah satu energi alternatif. Jika terus dikembangkan, energi alternatif ini tidak menutup kemungkinan menjadi energi yang dapat digunakan di masa yang akan datang.

Struktur simpulan

Kalimat
Di dalam kulit pisang mengandung beberapa mineral yang dapat berfungsi sebagai elektrolit. Kulit pisang dapat digunakan sebagai pengganti serbuk karbon pada baterai karena kulit pisang mengandung mineral yang bersifat elektrolit.