Mengenal Cabang Seni Rupa Murni (Pure Art / Fine Art)

Seni rupa murni atau biasa biasa disebut pure art atau fine art merupakan cabang seni yang menghasilkan karya yang lebih menitik beratkan pada keindahan untuk dinikmati saja, atau ekspresi jiwa seperti lukisan. Selain itu tidak memperhatikan unsur praktis, hanya dapat dinikmati hasilnya dan tidak dimaksudkan untuk kepentingan lain.

 

Dalam pembuatan seni rupa murni hanya berfokus pada nilai keindahan atau estetisnya saja, dan tidak memperdulikan nilai-nilai praktis dari karya yang dibuat. Seni rupa murni merupakan jenis karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan memenuhi kebutuhan estetika atau nilai-nilai keindahan semata.

Karya seni rupa murni dibuat untuk kepentingan mengekspresikan emosi atau perasaan penciptanya. Contohnya adalah lukisan, ukiran pada rumah adat, relief pada dinding candi dan lain sebagainya. Karya seni rupa murni diciptakan khusus berdasarkan kreativitas dan ekspresi pribadi pembuatnya.

Adapun yang tergolong karya seni murni yaitu seni lukis, seni patung, Seni Keramik dan seni grafis. Keempatnya akan dijelaskan seperti di bawah ini:

Seni Lukis

Seni lukis merupakan karya yang umumnya berbentuk dua dimensi dan dibuat di atas permukaan kertas, kanvas, dinding, kaca dan bahan lain yang memungkinkan untuk itu. Disebut dua dimensi karena hanya dapat dilihat dari satu arah saja. Lalu, bahan pewarna yang digunakan dapat menggunakan cat, tinta, arang, pensil, akrilik dan lain-lain. Ada pula karya seni lukis yang dibuat pada tubuh manusia yang lazim disebut body painting.

Teknik melukis dapat beragam. Secara konvensional dengan menyapukan bahan pewarna menggunakan alat berupa kuas, namun ada pula teknik melukis yang memanfaatkan plototan cat dari tubenya, atau bahkan dengan sapuan jari-jari tangan senimannya.

Seni Grafis

Seni grafis merupakan cabang seni rupa murni yang karyanya berwujud dua dimensi. Seni grafis dapat dibuat dengan teknik sablon (cetak saring), cukil kayu (cetakan), etsa (pengasaman pada bahan metal), dan litografi (pencetakan dengan batu litho).

Seni Patung

Seni patung merupakan cabang seni rupa murni yang karyanya berbentuk tiga dimensi. Bahan yang digunakan untukmembuat patung, di antaranya kayu, batu atau logam. Karya patung yang besar biasa disebut seni monumental.

Seni patung merupakan karya seni rupa yang berbentuk tiga dimensi. Disebut tiga deimensi karena hasilnya dapat dinikmati dari beberapa arah pandang. dibuat dengan menggunakan berbagai media seperti, kayu, batu, semen, fiber, lilin, tanah liat atau bahkan es. Teknik membuat patung menyesuaikan dengan bahan yang dipakai, dengan cara membentuk dengan tangan, membutsir, memahat, ataupun dengan teknik cetak. Corak seni patung juga bermacam-macam, ada patung naturalis yang menggambarkan benda seperti wujud asli yang ada di alam, ada pula yang bercorak abstrak sehingga sulit dikenali bentuknya.

Seni keramik

Seni keramik dapat juga dikategorikan sebagai cabang seni rupa murni yang karyanya berwujud tiga dimensi. Keramik dibuat dengan menggunakan bahan utama lempung, kaolin atau tanah. Hasil dari keramik juga berbagai macam, misalnya vas, kendi, piring, gambar dan lain sebagainya.