Komponen-komponen pada Peta

Apakah kamu mengetahui kelengkapan yang ada dalam peta? Sebenarnya, peta mempunyai kelengkapan yang penting sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kelengkapan-kelengkapan tersebut dapat dinamakan sebagai komponen peta. Komponen-komponen peta terdiri dari judul peta, legenda, skala, simbol, mata angin, garis astronomis, garis tepi, tahun pembuatan peta, dan inset peta. Berikut ini pembahasan tentang komponen-komponen pada peta tersebut.

 
  1. Judul peta

Judul peta merupakan identitas atau nama yang memiliki fungsi untuk menjelaskan isi atau gambar peta. Biasanya, judul peta terdapat pada bagian atas peta. Judul peta merupakan komponen yang sangat penting karena menunjukkan suatu tempat. Biasanya orang-orang memperhatikan judulpeta terlebih dahulu sebelummembaca peta tersebut.

  1. Legenda

Legenda adalah suatu keterangan yang berisi gambar-gambar atau simbol-simbol yang dilengkapi dengan artinya. Umumnya, legenda terletak pada bagian pojok kiri bawah peta.

  1. Skala

Skala dapat diartikan sebagai perbandingan jarak antara dua titik pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi.  Contoh penulisan skla pada peta yaitu skala 1 : 200.000. Skala tersebut menunjukkan bahwa 1 cm jarak pada peta sama dengan 200.000 cm atau 2 km jarak yang sebenarnya.

  1. Simbol

Simbol merupakan lambang-lambang atau gambar yang dapat menunjukkan obyek alam maupun buatan. Terdapat 3 syarat yang harus dipenuhi dalam penulisan simbol antaralain seperti  sederhana, mudah dimengerti, dan bersifat umum.

  1. Mata angin

Mata angin merupakan komponen pada peta yang berfungsi sebagai petunjuk arah mata angin. Mata angin yang ada dalam peta biasanya bergambar tanda panah yang menunjuk ke arah utara. Mata angin di dalam peta berperan sangat penting agar tidak terjadi kekeliruan arah.

  1. Garis astronomis

Garis astronomis adalah suatu garis khayal di atas permukaan bumi yang terdiri dari dari garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis khayal dari timur ke barat sedangkan garis bujur adalah garis khayal dari utara ke selatan.

  1. Garis tepi

Garis ini juga tergolong komponen yang penying dalam membuat peta. Garis tepi adalah garis yang dibuat mengelilingi gambar peta sehingga dapat menunjukkan batas peta tersebut.

  1. Tahun pembuatan peta

Tahun pembuatan peta merupakan penunjuk tahun  peta tersebut dibuat. Dari tahun pembuatan peta maka dapat mengetahui peta tersebut masih sesuai atau tidak untuk digunakan saat ini karena peta dapat berubah sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya.

  1. Inset peta

Inset peta adalah gambar peta yang ingin diperjelas atau gambar yang letaknya di luar garis batas peta. Inset peta digambar ketika dirasa diperlukan sehingga sering disebut dengan peta sisipan.

  1. Tata warna

Tata warna adalah pewarnaan yang digunakan pada peta untuk membedakan objek satu dengan objek yang lainnya. Contohnya, warna coklat dapat menunjukkan dataran tinggi, hijau dapat menunjukkan dataran rendah dan biru dipilih untuk menunjukkan wilayah perairan.