Bagian-bagaian Telinga Manusia

Telinga manusia terdiri dari 3 bagian yaitu telinga bagian luar, tengah, dan dalam. Ayo kita cari tahu tentang bagian-bagian telga dengan lebih lengkap berikut ini.

 

Telinga bagian luar

Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar. Daun telinga memiliki untuk menangkap bunyi yang ada lingkungan. Bunyi tersebut akan masuk melewati lubang telinga. Kemudian, bunyi tersebut akan diteruskan menuju ke bagian telinga  tengah dengan melalui saluran telinga luar.

Telinga bagian tengah

Telinga bagian tengah terdiri atas  gendang telinga, tulang-tulang pendengaran (tulang martil, landasan, sanggurdi), serta saluran eustachius. Pada bagian-bagian telinga tersebut ternyata mempunyai kegunaan yang berbeda-beda.

  • Gendang telinga berguna untuk menerima getaran bunyi yang ditangkap oleh daun telinga.
  • Tulang-tulang pendengaran memiliki fungsi untuk menghantarkan getaran dari gendang telinga menuju telinga bagian dalam.
  • Saluran eustachius bisa menghubungkan telinga bagian tengah dengan hidung dan juga tenggorokan. Saluran tersebut akan menjaga tekanan udara yang ada pada rongga telinga dan tekanan udara di luar supaya selalu sama.

Telinga bagian dalam

Telinga bagian dalam terbagi menjadi tiga yaitu saluran setengah lingkaran, rumah siput, dan saraf-saraf pendengaran. Tiga saluran setengah lingkaran berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh. Di dalam rumah siput ada cairan dan rambut-rambut halus. Nah, rambut-rambut halus tersebut akan menyampaikan getaran hingga ke ujung-ujung saraf pendengaran. Sedangkan, saraf-saraf pendengaran akan menyampaikan bunyi ke pusat saraf.