Menjelaskan Pola-pola Penyajian Teks Negosiasi

Pada bagian awal, kamu telah membaca contoh-contoh teks negosiasi yang disajikan dengan pola penyajian yang berbeda. Teks pertama tentang negosiasi pembeli dan pedagang buah disajikan dalam bentuk dialog. Penyajian negosiasi dalam teks tersebut diwujudkan dalam bentuk dialog menggunakan kalimat langsung. Bandingkan dengan negosiasi Rani dan Ayahnya dalam HP Baru. Teks ini dibuat menjadi cerita pendek dengan pola penyajian gabungan antara bentuk narasi dan dialog.

 

Bentuk penyajian teks negosiasi adalah wujud negosiasi lisan yang dituliskan. Selain itu, ada juga bentuk negosiasi tulis. Setujukah kamu apabila surat penawaran dan pemesanan barang, dan surat lamaran pekerjaan termasuk teks negosiasi? Jelaskan alasanmu!

Tugas 1
Bacalah surat penawaran berikut ini. Temukanlah isi surat tersebut yang menunjukkan bahwa surat penawaran juga termasuk teks negosiasi.

Jawab:

Pengajuan

  1. Pengalaman layanan
  2. Tawaran harga khusus selama masa promosi dalam rangka pembukaan cabang baru

Bukti

  1. Kamu sudah berpengalaman puluhan tahun melayani pelanggan terutama perusahaan penyelenggara pesta perkawinan, ulang tahun, dan berbagai event besar lainnya. Kami hanya menyediakan produk kuliner bercita rasa tinggi dengan penampilan elegan.
  2. Dalam rangka pembukaan cabang baru di Kota Batu, kami menawarkan harga khusus selama masa promosi bulan April-Mei 2015. Jenis produk dan harga barang dapat dilihat pada brosur terlampir. (Harga dan ketentuan berlaku).

Ladzidzan
Ice Cream & Bakery
Jalan Agus Salim Batu Jawa Timur
Website: www.ladzidzan.ice&bakery.com
Email: ladzidzan.ice&[email protected]

Nomor : 026/PROM-12/2015 5                                                      Maret 2015
Hal : Penawaran Produk Spesial
Lampiran : Satu lembar
Yth. Marhaban Wedding Organizer
Jalan Kartini
Kota Batu Jawa Timur

Dengan hormat,
Ladzidzan Ice Cream & Bakery adalah sebuah perusahaan kuliner yang menyediakan ice cream dan roti untuk kepentingan pesta perkawinan.

Kami sudah berpengalaman puluhan tahun melayani pelanggan terutama perusahaan penyelenggara pesta perkawinan, ulang tahun, dan berbagai event besar lainnya. Kami hanya menyediakan produk kuliner bercita rasa tinggi dengan penampilan elegan.

Dalam rangka pembukaan cabang baru di Kota Batu, kami menawarkan harga khusus selama masa promosi bulan April – Mei 2015. Jenis poduk dan harga barang dapat dilihat pada brosur terlampir. (Harga dan ketentuan berlaku). Keterangan lebih lanjut hubungi customer service kami melalui nomor HP 0882334132. Percayakan kebutuhan perusahaan Anda pada kami.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas kepercayaan Anda kami menyampaikan terima kasih.

Hormat kami,
Marketing Ladzidzan Ice Crem & Bakery

Devara Jatmiko

Tugas 2
Pada bagian di atas kamu telah mengetahui bahwa sebuah negosiasi baru terjadi ketika terjadi kesepakatan antara pihak-pihak yang bernegosiasi.

Sekarang bersiaplah untuk melengkapi surat penawaran produk di atas dengan surat pemesanan. Berperanlah sebagai sekretaris sebuah wedding organizer (lembaga pelayanan jasa pesta pernikahan).

Buatlah surat balasan terhadap surat penawaran tersebut dengan memerhatikan hal-hal berikut ini.

  • Kelengkapan bagian-bagian surat.
  • Jenis produk yang akan dipesan.
  • Harga penawaran yang diajukan.

Jawab:

Surat pemesanan

WEDDING ORGANIZER
Jalan Kartini kota Batu Jawa Timur
Website : www.sakinahweddingorg.com
Email : [email protected]

Nomor : 326/PO-12/2015 23 Desember 2015
Hal : Pemesanan Produk Spesial
Lampiran : Satu lembar

Yth. Ladzidzan Ice Cream & Bakery
Jalan Agus Salim
Kota Batu Jawa Timur

Dengan hormat,
Kami telah menerima penawaran produk special yang saudara tawarkan. Kami sebagai wedding organizer yang telah berpengalaman puluhan tahun senantiasa terbuka untuk bekerja sama dengan produsen produk-produk yang diperlukan klien kami.

Dalam rangka penyelenggaraan pernikahan putri salah satu pejabat di lingkungan pemerintah, maka kami ingin mengajukan pemesanan ice cream. Adapun jumlah tamu undangan adalah 500 orang dengan harga paket ice cream sebesar Rp 2.500,00 / pack.

Dipersilahkan menghubungi kontak person kami untuk negosiasi lebih lanjut.

Demikian surat pemesanan ini kami sampaikan. Atas kerjasamanya, kami menyampaikan terima kasih.

Hormat kami,

Salsha Aisyah
Purchaser