Nilai-Nilai Keanekaragaman Hayati Khas Indonesia

Keanekaragaman hayati sangat penting untuk dipelajari karena manusia akan terus memanfaatkan secara berkelanjutan. Nah, berikut ini ada beberapa nilai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia seperti pada nilai biologi, nilai pendidikan, nilai estetika, nilai budaya, nilai ekologi, dan nilai religius.

 

Nilai Biologi

Para ilmuwan dunia mempercayai bahwa ada sekitar 80.000 spesies tumbuhan dapat dikonsumsi. Namun, ternyata hanya ada sekitar 30 spesies saja yang mampu menyediakan 90 % kebutuhan gizi manusia. Meskipun begitu, alam masih menyimpan banyak keanekaragaman hayati yang belum pernah tersentuh oleh tangan manusia, bahkan kemungkinan besar masih banyak lagi beberapa spesies yang jauh lebih memiliki potensi untuk menghasilkan bahan kebutuhan manusia akan tetapi belum diketahui.

Nilai Pendidikan

Perlu kamu ketahui bahwa makhluk hidup sebenarnya menyimpan sumber gen yang secara alami telah sesuai dengan alamnya. Hal tersebut berdampak pada lestarinya keanekaragaman hayati yang merupakan syarat mutlak untuk tetap menjaga tersedianya plasma nuftah atau sumber gen. Dengan demikian akan  memberi peluang untuk mengembangkan penelitian demi pemulihan keanekaragaman hayati yang akhir-akhir ini cenderung mengalami penyusutan.

Nilai estetika dan budaya

Keanekaragaman hayati  memberikan pemandangan alam yang indah dan menyejukkan. Hal tersebut tidak mengherankan jika para wisatawan mancanegara tertarik untuk berkunjung ke kawasan hutan alam, sungai, arung jeram, dan laut yang masih alami. Selain itu juga terdapat keanekaragaman hewan yang memiliki bentuk fisik yang bagus atau perilaku yang lucu sehingga menjadi incaran koleksi manusia.

Nilai ekologi

Keberadaan keanekaragaman hayati pada suatu daerah sangat memiliki peranan penting untuk menjaga proses ekosistem misalnya seperti daur zat, dan aliran energi. Di samping itu, tersedianya keanekaragaman hayati seperti keanekaragaman tumbuhan ternyata memiliki peran besar dalam menjaga tanah dari erosi dan terjaganya proses fotosintesis. Jika dilihat dalam skala luas maka keanekaragaman tumbuhan dapat menjaga daerah aliran sungai serta stabilitas iklim.

Nilai religius

Keanekaragaman hayati juga mempunyai kegunaan untuk mengingatkan kita akan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan alam raya ini dengan keindahan yang tidak ada tandingannya