Gangguan-Gangguan Pada Otot

5/5 - (3 votes)

Otot memiliki fungsi sebagai alat gerak aktif sehingga sangat penting. Apabila otot mengalami gangguan, maka sistem gerak akan menjadi terhambat. Apa saja gangguan-gangguan yang terjadi pada otot? Ayo cari tahu melalui pembahasan berikut ini.

 

Kejang otot

Kejang otot merupakan suatu kondisi jika otot terus-menerus melakukan aktivitas hingga pada  akhirnya tidak dapat berkontraksi lagi karena kehabisan energi.

Tetanus

Tetanus merupakan suatu gangguan yang terjadi otot apabilaterus menerus mengalami ketegangan karena adanya infeksi bakteri Clostridium tetani karena menghasilkan toksin yang membahayakan.

Atrofi atau miastema grafis

Atrofi merupakan suatu keadaan otot mengecil . Hal tersebut mengakibatkan hilangnya kemampuan otot untuk berkontraksi sehingga menyebabkan otot mengalami kelumpuhan.

Supertrofi

Supertrofi merupakan suatu keadaan ketika volume otot membesar karena otot setiap hari dilatih secara berlebihan.  Hal ini dapat dihindari dengan cara tidak berlebihan ketika berolah raga.

Hernia abdominalis

Hernia abdominalis merupakan suatu keadaan ketika otot dinding perut yang lemah tersobek sehingga letak usus menurun.

Stiff atau kaku leher

Stiff atau kaku leher adalah gangguan yang terjadi karena  otot leher mengalami peradangan akibat dari gerakan atau hentakan yang salah sehingga menyebabkan leher terasa kaku.