Jalur yang Dilalui Bangsa Arya Masuk ke Wilayah India

Posted on

Nama Arya mempunyai arti bangsawan atau tuan, yang terdapat di dalam bahasa persia dan india. Bangsa Arya berasal dari Asia Tengah dan pergi ke India pada tahun 2500-1500 SM secara bertahap dan tidak melalui gelombang besar. Perpindahan yang dilakukan bangsa Arya dengan mengajak seluruh keluarganya dan memerlukan waktu berabad-abad lamanya ini di buktikan dengan syair-syair weda yang tertua dengan syair-syair weda yang baru.

Jalur Masuk ke Wilayah India

Bangasa Arya memasuki India melalui celah Kayber atau celah-celah bukit Hindu Kust. Celah khyber merupakan penghubung India dengan daerah di luar karena India di kelilingi oleh pengunungan yang tinggi-tinggi, yang merupakan dinding alam yang sulit untuk di lewati oleh manusia. Orang-orang Arya pada awalnya tinggal di tanah-tanah di sekitar sungai hulu Sindhu, yang memiliki 5 anak sungai yang di sebut Panjab yang berarti tanah sungai lima.

PELAJARI:  Sejarah Perkembangan Filsafat dari Zaman Pra Yunani Kuno Hingga Zaman Kegelapan

Masuknya Bangsa Arya di Wilayah India

Setelah berhasil memasuki India, bangsa Arya menjumpai masyarakat yang sudah mempunyai kebudayaan yang tinggi dan terkenal dengan di sebut kebudayaan lebah Sungai Indus. Kebudayaan lembah sungai Indus berpusat di Harapan dan Mahejo-Daro yang memiliki kota-kota yang besar dan diperkuat oleh benteng-benteng dan parit yang berada di sekitar kota.

Bangsa Arya melihat bahwa bangsa Dravida adalah bangsa yang tidak pandai dalam hal berperang, sehingga bangsa Dravida dikalahkan oleh bangsa Arya dan menyebabkan terdesaknya bangsa Dravida ke selatan. Hal ini dibuktikan pada penggalian di Harappa yang menemukan tumpukan mayat yang banyak yang menandakan terjadinya peperangan dan di taklukannya bangsa Dravida oleh bangsa Arya.

PELAJARI:  Akulturasi dalam Bangunan Masjid Demak

Selain itu juga kerusakan yang di alami oleh kota Harapan yang diperkirakan akibat dari terjadinya peperangan. Bangsa Dravida yang mendiami daerah barat India dan Pakistan sekarang, telah terdesak ke selatan oleh kedatangan bangsa Arya pada kira-kira 1500 SM. Bangsa Arya melanjutkan penyerbuannya ke arah timur yaitu sungai Gangga. Hal ini di buktikan dengan isi kitab veda yang menjelaskan tempat-tempat di India Utara dan Barat.