Vitamin B3: Fungsi, Sumber Makanan, Defisiensi dan Suplemen

5/5 - (1 vote)

SKOKUL.COMVitamin B3 juga dikenal sebagai niasin atau niacin, adalah salah satu dari delapan jenis vitamin B yang penting untuk kesehatan tubuh.

 

Berikut adalah beberapa informasi penting tentang vitamin B3:

Fungsi Vitamin B3

Vitamin B3 berperan dalam berbagai fungsi penting dalam tubuh. Salah satu fungsinya adalah membantu dalam metabolisme energi, yaitu mengubah makanan menjadi energi yang digunakan oleh tubuh.

Vitamin B3 juga penting untuk kesehatan sistem saraf, pencernaan, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin B3 juga berperan dalam produksi dan pemeliharaan DNA.

Sumber Makanan

Vitamin B3 dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, termasuk:

  • Daging: Daging seperti daging sapi, daging ayam, dan ikan kaya akan vitamin B3.
  • Kacang-kacangan: Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang almond, dan kacang kedelai mengandung vitamin B3.
  • Bijian: Gandum, beras merah, dan sereal gandum juga merupakan sumber vitamin B3.
  • Sayuran: Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan asparagus mengandung vitamin B3.
  • Buah-buahan: Buah-buahan seperti alpukat, pisang, dan jeruk juga mengandung sedikit vitamin B3.

Defisiensi Vitamin B3

Defisiensi vitamin B3 dapat menyebabkan kondisi yang disebut pellagra. Pellagra ditandai dengan gejala seperti kulit kering dan bersisik, masalah pencernaan, gangguan saraf, serta gangguan mental dan mood.

Kekurangan vitamin B3 biasanya terjadi pada orang yang menderita malnutrisi, alkoholisme kronis, atau kondisi medis yang mengganggu penyerapan nutrisi.

Suplemen Vitamin B3

Selain mendapatkan vitamin B3 dari makanan, suplemen vitamin B3 juga tersedia dalam bentuk niasin atau niacinamide.

Suplemen ini biasanya direkomendasikan untuk kondisi medis tertentu, seperti defisiensi vitamin B3 yang parah atau gangguan kesehatan yang membutuhkan dosis tinggi vitamin B3. Namun, perlu berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen vitamin B3.

****

Penting untuk menjaga asupan yang seimbang dari berbagai vitamin B, termasuk vitamin B3, melalui makanan sehat dan pola makan yang seimbang.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang asupan vitamin B3 atau kondisi kesehatan Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

 

Topik Lainnya

jepang dan korea