2 Jenis Sayuran Yang Dimanfaatkan Bagian Bunganya

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang beberapa jenis sayuran yang secara umum dimanfaatkan bunganya saja untuk dimakan oleh manusia. Silahkan anda menyimak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

 

Yang dimaksud dengan sayuran adalah istilah yang diberikan kepada bahan makanan / makanan yang secara garis besar banyak mengandung air dan bisa dikonsumsi oleh manusia saat dalam kondisi segar atau setelah diolah menjadi beragam masakan yang rasanya enak sebagai teman makan nasi.

Sayuran adalah bahan makanan dan makanan olahan yang memegang peranan sangat penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh karena di dalamnya berisikan asupan nutrisi yang tinggi.

Apakah anda adalah seseorang yang menyukai makan sayuran ?

Apabila anda senang dengan beragam jenis sayuran maka anda patut mensyukurinya dan cobalah memulai untuk suka makan sayur sejak kecil karena di dalam sayuran banyak tersimpan nutrisi berupa mineral, sayuran dan lain sebagainya yang bermanfaat besar untuk kebugaran dan kesehatan tubuh manusia.

Dikenal beberapa jenis sayuran yang dimanfaatkan bagian bunganya saja antara lain bunga turi, sayuran brokoli, bunga kubis, bunga pepaya dan bunga kol.

1. Bunga Turi

Turi adalah sejenis tanaman perdu yang memiliki kayu lunak dan rata – rata berusia pendek. Memiliki ketinggian pohon dapat mencapai ukuran 5 s/d 12 M dengan kondisi akar berbintil – bintil yang memiliki kegunaan untuk menyuburkan tanah di sekitarnya.

Ketika sedang musimnya tanaman ini akan keluar bunga yang berukuran besar dari ranting – rantingnya. Bentuk bunga yang mekar adalah mirip dengan hewan kupu – kupu berwarna merah ping dan putih kekuningan.

BACA:  Siklus Pertumbuhan dan Perkembangan Embrio

Ada juga warna bunga yaitu gabungan diantara keduanya. Bunga – bunga tersebut menggantung cantik bertangkai sekitar 2 s/d 4 tangkai.

Turi mempunyai buah membentuk polong – polongan yang bersekat dan menggantung dengan ukuran panjang bisa mencapai 20 s/d 55 Cm saat masih muda memiliki warna hijau dan ketika sudah tua mempunyai warna kuning keputih – putihan. Sedangkan biji – bijinya membentuk bulat memanjang yang berwarna cokelat muda.

Bunga Turi dan Manfaatnya

Bunga turi yang masih berusia muda bisa dimakan sebagai lalapan atau direbus menjadi bahan pecel. Bunga turi rasanya gurih, harum dan manis sehingga pas dijadikan sebagai lalapan atau salah satu bahan campuran pecel.

Untuk meracik pecel, sayur bunga turi bisa digabungkan dengan kacang panjang, taoge, dan daun melinjo yang sebelumnya masing – masing direbus atau dikukus hingga benar – benar matang.

Bunga turi juga berkhasiat sebagai obat tradisional yaitu yang digunakan adalah turi merah. Kandungan zat tanin di dalam mahkota bunga inilah yang menyebabkan bunga turi berguna untuk menyembuhkan luka ringan atau penyakit disentri.

Kandungan lainnya dalam bunga turi adalah konten gula variabel, sebagai sumber vitamin B dan vitamin A. Masing – masing kandungan tersebut dijelaskan ampuh untuk menghilangkan sakit rabun senja.

2. Bunga Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam kelompok kubis – kubisan atau brassicaceae dimana brokoli aslinya berasal dari daerah Laut Tengah dan dibudidayakan dalam skala besar ke Yunani lalu masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970 dan saat ini sudah menjadi sangat populer sebagai salah satu bahan pangan.

BACA:  Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia

Bagian dari brokoli yang biasa dimakan adalah bagian kepala bunga yang memiliki warna hijau pekat tersusun sangat rapat menyerupai cabang – cabang pohon dengan batang tebal.

Kepala bunga ini dikelilingi oleh dedaunan. Sekilas pandang brokoli menyerupai kembang kol namun berbeda warna saja yaitu brokoli memiliki warna hijau sedangkan kembang kol berwarna putih.

Brokoli adalah termasuk salah satu tanaman yang hanya mampu tumbuh subur pada cuaca dingin dimana cara mengembangbiakkan adalah dengan disemai setelah melewati usia tumbuh daun sejati sebanyak 3 s/d 4 lembar untuk selanjutnya bisa dijadikan sebagai bibit terlebih dahulu. Masa panen adalah antara 55 s/d 100 hari bergantung varietasnya masing – masing.

Bunga brokoli diolah dengan cara direbus atau dikukus atau bisa dilalap dengan memakannya mentah / segar. Adapun cara terbagus untuk mengolah bunga ini hingga menjadi masakan enak adalah dengan cara dikukus. Tujuannya adalah agar semua kandungan vitamin dan nutrisi lainnya di dalam bunga tidak mudah hilang ketika melalui serangkaian proses memasak.

Merebus brokoli jangan terlalu lama karena bisa menghilangkan 50 persen kandungan asam folat di dalamnya. Rebuslah kira – kira 5 menit saja.

Bunga brokoli juga banyak mengandung vitamin C dan serat makanan serta senyawa glukorafanin yang merupakan zat anti kanker. Bunga brokoli mengandung senyawa isotiosianat dan sulforafana memiliki manfaat sebagai media menjaga kesehatan mata dan saraf serta mengurangi tekanan darah.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang sayuran yang dimanfaatkan bagian bunganya saja. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.