Kekurangan Layanan Internet Banking

Sekarang rata-rata orang sudah menggunakan smartphone yang memiliki fitur yang canggih begitu juga dengan kuota internet yang besar dan cepat. Namun kita sering juga melihat banyak orang mondar-mandir ke bank ataupun atm untuk keperluan perbankan seperti tarik tunai, transfer uang ataupun hanya cek saldo.

Sekarang saatnya Anda beralih menggunakan smartphone canggih Anda untuk mengurusi semua itu. Anda dapat melakukan transaksi perbankan, tanpa harus repot-repot ke bank atau atm. Bank sekarang telah menyediakan sebuah layanan yang diperuntukkan bagi masyarakat agar lebih mudah melakukan transaksi perbankan melalui layanan internet banking.

Namun sebelum itu kami juga memberitahukan jika menggunakan layanan internet banking, tidak semuanya sesuai dengan keinginan Anda sebaba layanan ini juga memiliki kekurangan. Sebagai nasabah dan juga pihak bank perlu waspada mengingat data miliki nasabah bisa saja dicuri melalui berbagai macam teknik oleh penyusup (hacker).

PELAJARI JUGA:  Pengertian dan Jenis Slide

Pencurian melalui teknik oleh hacker

Hacker bisa saja menguras habis uang nasabah dengan berbagai cara. Karena itu, nasabah wajib mematuhi semua prosesdur penggunaan internet banking sehingga lebih aman, sedangkan bank juga harus rajin sosialisasi dan melakukan pengawasan terhadap transaksai perbankan nasabahnya.

Pencurian data bisa melalui teknik skimming

Pencurian data bisa melalui teknik skimming atau melalui modus penipuan dengan berbagai macam penawaran yang mengecoh nasabah. Jika akses internet yang dimiliki nasabah tergolong murah dan lancar, lebih disarankan memakai internet banking karena lebih menghemat banyak biaya. Namun, perangkat komputer harus tertanam perangkat lunak antivirus dan antimalware supaya terhindar dari cracking. Hindari penggunaan internet banking di layanan publik seperti warnet atau wifi gratis karena rawan tindakan penyadapan data nasabah.

Untuk beberapa daerah tidak semua orang memiliki perangkat komputer, laptop, dan koneksi internet yang bagus. Selain itu internet banking juga dirasa tidak praktis bagi orang yang memiliki kegiatan yang sering mobile atau bepergian. Walaupun saat ini semua akses internet bisa diakses dengan smartphone ataupun gadget dengan sangat mudah, namun tetap saja bagi pengguna dengan mobilitas tinggi butuh penyesuaian fitur dalam mengakses internet banking melalui smart phone. Yang jelas tentu tak senyaman saat menggunakan laptop.

PELAJARI JUGA:  Pengaruh Positif Teknologi Terhadap Dunia Pendidikan

Internet banking memang memberikan banyak kemudahan kepada kita melalui internet, namun seperti yang kita ketahui pula bahwa banyak juga kejahatan yang sekarang ini marak terjadi di dunia maya. Salah satu kejahatan dalam dunia maya adalah kejahatan yang dilakukan oleh hacker atau peretas. Apabila Anda tidak berhati-hati dalam menggunakan internet banking ini, maka rekening Anda bisa dibobol oleh para pelaku kejahatan internet.