Pengertian Seni Teater

Apakah anda sering menonton drama maupun menonton sinetron. Pasti anda pernah melihat ada beberapa aktor yang berbakat dan dapat berakting dengan natural yang membuat drama maupun sinetron tersebut menjadi lebih hidup dengan kehadirannya sebagai seorang tokoh utama maupun hanya sebagai tokoh figuran maupun tokoh pembantu saja. Dan ketika kita membuka biografinya kita pun mendapati fakta bahwa sebelum mereka terjun di layar kaca, mereka mula-mula berkecimpung di dunia teater ketika sedang menempuh pendidikan di universitas maupun memang sengaja mengambil jurusan seni teater sebagai suatu cabang ilmu yang ingin dipelajari secara lebih mendalam.

Berbicara mengenai ilmu teater, kata teater sebenarnya berasal dari bahasa yunani yakni theatron yang memiliki asal kata theomai yang memiliki arti takjub dan terpesona ketika melihat sesuatu maupun ketika memandang sesuatu. Selain itu, teater memiliki beberapa pengertian yang meluas sesuai dengan perkembangannya yang memang dinamis, diantaranya adalah teater memiliki arti sebuah gedung maupun tempat yang digunakan untuk pertunjukkan dan ditonton oleh seseorang maupun oleh beberapa orang dan hal ini berkembang di jaman plato.

PELAJARI JUGA:  7 Aliran Seni Lukis

Sedangkan bila teater ini diartikan secara luas dan sempit memiliki pengertian yang berbeda lagi yakni bila menurut pengertian secara sempit teater dapat diartikan sebagai suatu drama yang merupakan kisah hidup seseorang ataupun sekelompok orang entah itu fiktif atau rekaan atau memang pernah terjadi di masa lampau dan cerita itu dipentaskan di atas panggung dan dilihat oleh beberapa orang maupun banyak penonton yang mengacu pada panduan teks ataupun naskah yang telah dipersiapkan sebelumnya maupun telah disiapkan jauh-jauh hari.

Sedangkan teater jika diartikan dalam arti luas memiliki pengertian yang lebih kompleks yakni segala macam hal yang berkaitan dengan seni pertunjukan atau suatu tontonan yang menarik yang biasanya dipertunjukan di depan penonton maupun di depan khalayak ramai dengan sangat antusias. Misalnya adalah seperti pertunjukan wayang orang, di dalam pertunjukan wayang orang ini seorang seniman diharuskan untuk memiliki beberapa skill maupun keahlian di bidang seni diantaranya adalah kemampuan untuk menari klasik, untuk nembang maupun menyanyikan lagu daerah yang memiliki banyak aturan dasar yang harus dikuasai oleh sang seniman dan juga kemampuan untuk berdialog maupun berakting. Jadi ketiganya harus seimbang yakni Nmenari, menyanyi dan juga berakting.

PELAJARI JUGA:  Bentuk Ciptaan Musik yang Dapat Dinikmati Secara Abadi

Nah, demikianlah informasi singkat mengenai seni teater. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.