Perkembangbiakan Tumbuhan secara Vegetatif Alami

Posted on

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif merupakan perkembangbiakan yang dilakukan tanpa melalui perkawinan. Pada perkembangbiakan vegetatif ini tidak akan terjadi pertemuan antara sel sperma dan sel telur. Namun, perkembangbiakan vegetatif dapat berlangsung secara alami maupun oleh bantuan manusia. Ayo simak pembahasan berikut tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami berikut ini. Terdapat berbagai macam perkembangbiakan vegetatif secara alami antara lain seperti tunas, umbi akar, umbi batang, umbi lapis, spora, membelah diri, rhizoma, dan geragih.

Tunas

Tunas merupakan salah satu perkembangbiakan vegetatif alami yang dapat tumbuh melalui pangkal batang, akar, atau daun. Perlu kamu ketahui bahwa pohon pisang merupakan contoh tumbuhan yang dapat berkembang biak dengan tunas batang. Selain pohon pisang ternyata tebu dan bambu juga berkembang biak menggunkaan tunas batang. Nah, untuk pohon sukun, cemara, dan kesemek merupakan tubuhan yang berkembangbiak dengan tunas akar. Sedangkan tumbuhan yang dapat berkembang biak dengan tunas tumbuh pada daun adalah cocor bebek.Tunas yang tumbuh pada akar dan daun dapat dinamakan sebagai tunas adventif.

PELAJARI:  Macam-macam Pelapukan

Umbi akar

Umbi akar memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Umbi akar tidak memiliki kuncup, tidak berdaun, tidak bermata tunas, dan juga tidak berbuku-buku. Tumbuhan yang dapat berkembang biak menggunakan umbi akar adalah bunga dahlia dan wortel.

Umbi batang

Umbi batang merupakan perkembangbiakan tumbuhan dengan batang yang tumbuh menggembung dalam tanah. Umbi batang memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Contoh tanaman yang menggunakan perkembangbiakan dengan umbi batang yaitu kentang, talas, dan ubi.

Umbi lapis

Umbi lapis merupakan daun yang berlapis-lapis dengan membentuk umbi dan di tengahnya terdapat tunas. Contoh tanaman yang dapat berkemangbiak dengan umbi lapis yaitu bawang merah. Pada bawang merah terdapat umbi lapis yang berasal dari tunas terluar sehingga akan tumbuh membentuk tunas baru atau dapat disebut siung.

PELAJARI:  Pengaruh Kegiatan-Kegiatan Manusia terhadap Biodiversitas

Spora

Spora memiliki ukuran yang mikroskopis sehingga hanya dapat dilihat dengan bantuan mikroskop. Bentuk spora yang begitu kecil tersebut dibentuk menggunakan kotak spora atau sporangium. Nah, tumbuhan yang dapat berkembangbiak dengan spora antara lain seperti tumbuhan paku, jamur, dan lumut.

Membelah diri

Tumbuhan yang dapat berkembang biak dengan membelah diri biasanya merupakan tumbuhan tingkat rendah seperti ganggang. Ganggang dapatmembelah sel tubuhnya hingga menjadi dua. Setelah itu, masing-masing sel tersebut akan membelah lagi ketika sudah dewasa.

Akar tinggal

Rhizoma merupakan perkembangbiakan tumbuhan dari batang yang tebal dan tumbuh mendatar di dalam tanah. Salah satu tanaman yang berkembangbiak dengn rhizoma adalah kunyit. Rhizoma memiliki fungsi sebagai antaralain bentuknya berbulu-bulu seperti batang dan terdapat kuncup di bagian ujungnya, serta bersisik sehingga di setiap sisik ketiak terdapat tunas.

PELAJARI:  Cara Seru Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Geragih (Stolon)

Stolon merupakan batang yang menjalar di atas permukaan tanah. Tunas yang terdapat pada buku-buku batang menjalar di atas tanah tersebut bisa tumbuh menjadi tumbuhan baru. Tanaman yang berkembangbiak dengan stolon antaralain seperti arbei, semanggi, dan pegagan.