Organ-organ Tumbuhan yang Penting dalam Pembuatan Makanan

Posted on

Mengapa banyak daun yang memiliki warna hijau? Warna zat hijau pada daun dikarenakan adanya klorofil. Klorofil memiliki fungsi untuk membuat makanan. Klorofil dalam membuat makanan membutuhkan bantuan sinar matahari. Apabila makanan sudah dimasak maka akan dialirkan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Sebelum kita belajar tentang cara tumbuhan hijau membuat makanan, ayo pelajari struktur organ tumbuhan hijau terlebih dahulu karena organ-organ tumbuhan juga berperan penting dalam proses pembuatan makanan. Adapun organ tumbuhan tersebut antara lain seperti :

Akar

Akar merupakan bagian tumbuhan yang letaknya paling bawah. Fungsi utama dari akar pada tumbuhan antara lain seperti untuk membantu tumbuhan tegak, menyerap zat hara dari dalam tanah, menyerap air, bernapas, dan sebagain tumbuhan menggunakannya untuk menyimpan cadangan makanan misalnya pada tumbuhan berakar umbi.

PELAJARI:  Gangguan pada Peredaran Darah Manusia

Batang

Batang adalah bagian tumbuhan yang letaknya di atas akar. Batang ini berguna sebagai tempat duduknya daun. Selain itu batang ini memiliki peranan penting untuk tumbuhan karena fungsi utamanya yaitu untuk tegaknya tumbuhan, menyalurkan bahan makanan dari akar ke daun, mengedarkan makanan berupa hasil fotosintesis dari daun menuju seluruh bagian tumbuhan, serta tempat menyimpan sari-sari makanan.

Daun

Daun adalah bagian dari tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis. Fotosintesis ini terjadi pada daun karena memiliki klorofil. Fungsi utama dari daun antara lain seperti sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis, serta sebagai organ untuk pernapasan dengan menyerap karbondioksida (CO2) dan melepas oksigen (O2) pada siang hari.

PELAJARI:  Mineral yang dibutuhkan Tubuh Manusia

Ketika malam hari, tumbuhan akan menyerap oksigen dan juga melepas karbondioksida. Proses pernapasan tersebut terjadi melewati mulut daun (stomata). Makin banyak daun pada tumbuhan maka akan dapat melakukan fotosintesis secara optimal.