Menemukan Informasi dan Permasalahan Aktual dalam Teks Ceramah

Dalam pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mengenal jenis pembicaraan yang disebut dengan ceramah. Sekarang, kita akan mengenali jenis informasi ataupun permasalahan yang mungkin kita dapatkan dari suatu ceramah.

Informasi juga dikenal dengan penerangan informasi bersifat publisitas; ditujukan untuk umum (publik). Informasi dalam media massa umumnya bersifat aktual. Demikian pula yang disampaikan melalui ceramah-ceramah yang biasanya berkaitan dengan isu-isu terhangat.

Jenis-jenis informasi dapat dikategorikan sebagai berikut.

  1. Dilihat dari fungsinya informasi bergantung pada materi dan juga kegunaan informasi. Dalam artian memberikan informasi tambahan seperti pengetahuan, informasi yang mengajari pembaca (informasi edukatif), dan informasi yang hanya menyenangkan pembaca yang bersifat fiksional (khayalan). Informasi yang menambah pengetahuan, misalnya, tulisan tentang pergantian kurikulum. Informasi edukatif, misalnya, tulisan tentang teknik belajar yang jitu. Selanjutnya, informasi yang menyenangkan, misalnya, cerita pendek, karikatur, dan komik.
  2. Informasi berdasarkan format penyajian yaitu informasi berdasarkan bentuk penyajian informasinya. Di media massa dikenal berbagai bentuk penyajian yaitu dalam bentuk tulisan, foto, kartun, ataupun karikatur. Dalam bentuk tulisan dikenal bentuk berita, artikel, karangan khas (feature), resensi, kolom, dan karya fiksi.
  3. Informasi berdasarkan lokasi peristiwa yaitu informasi berdasarkan tempat kejadian peristiwa berlangsung. Dengan demikian, informasi dibagi menjadi informasi daerah, nasional, dan mancanegara.
  4. Informasi berdasarkan bidang kehidupan yaitu informasi berdasarkan bidang-bidang kehidupan yang ada. Antara lainnya adalah pendidikan, olahraga, musik, sastra, budaya, dan iptek.
  5. Informasi berdasarkan bidang kepentingan yaitu dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut.
PELAJARI JUGA:  Menemukan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek

a. Informasi yang menyangkut keselamatan atau kelangsungan hidup pembaca.
b. Informasi yang menyangkut perubahan dan berpengaruh pada kehidupan pembaca.
c. Informasi tentang cara atau kiat baru dan praktis bagi pembaca untuk meningkatkan kualitas hidupnya.
d. Informasi tentang peluang bagi pembaca untuk memperoleh sesuatu.

Tugas
1. Manakah informasi yang berkaitan dengan masalah bahasa? Kembangkanlah jawabanmu pada buku kerjamu!

2. Berdasarkan fungsinya, termasuk jenis manakah informasi di bawah ini: edukatif (E), persuatif (P), atau rekreatif (R).

Contoh Jawaban

1. Pada jawaban ini, peserta didik diarahkan untuk menentukan pada contoh informasi yang berkaitan dengan masalah bahasa. Cara mengisinya dengan memberi tanda centang (P) pada kolom pilihan “Ya” atau “Bukan” serta ungapkan alasannya.

PELAJARI JUGA:  Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Kaidah Kebahasaan

2. Pada jawaban ini, peserta didik diarahkan untuk menentukan pada contoh informasi apakah termasuk informasi edukatif (bersifat mendidik), persuasif (bersifat mengajak), atau rekreatif (hiburan). Cara mengisinya dengan memberi tanda centang (P) pada kolom pilihan jenis “E”, “P”, “R”.