Teori Terbentuknya Kulit Bumi

 

Apakah kamu mengetahui bagaimana jagat raya ini terbentuk? Ternyata, ada beberapa teori mengenai  terbentuknya jagat raya. Ada dua teori utama yang mendasari terjadinya alam semesta ini yaitu teori ledakan besar &  teori mengembang dan memampat. Ayo simak pembahasan berikut..

 

Teori ledakan besar (The big bang theory)

Teori ledakan besar biasanya dapat disebut sebagai the big bang theory yaitu jagat raya bermula dari adanya suatu massa dan berat jenis yang sangat besar  mengalami ledakan yang begitu dahsyat karena adanya reaksi yang terjadi di inti massa. Saat terjadi ledakan besar tersebut maka bagian-bagian dari massa tersebut berserakan dan terpental sehingga menjauhi pusat ledakan. Nah, selanjutnya setelah milyaran tahun berlalu maka  bagian-bagian yang terpental tersebut membentuk kelompok-kelompok berupa galaksi-galaksi.

PELAJARI JUGA:  Ketergantungan Manusia, Hewan, dan Tumbuhan

Teori mengembang dan memampat

The oscillating theory atau teori mengembang dan memampat Teori ini juga dapat dikenal sebagai teori ekspansi dan konstraksi. Teori ini mengemukakan bahwa jagat raya dapat terbentuk karena adanya suatu siklus materi. Siklus tersebut bermula dengan masa ekspansi atau mengembang yang diakibatkan oleh reaksi inti hidrogen sehingga pada tahap tersebut dapat terbentuk galaksi-galaksi. Nah, tahap tersebut diperkirakan 83 berlangsung selama 30 milyar tahun. Kemudian galaksi-galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup dan memampat yang didahului dengan keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi. Setelah tahap memampat maka berlanjut ke tahap berikutnya yaitu tahap mengembang dan selanjutnya memampat lagi.