Inilah Macam-Macam Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya

Posted on

Pernahkah kalian pergi ke laut? Lautan Indonesia memang begitu luas dan dalam. Berdasarkan kedalamannya maka laut di Indonesia dapat dibedakan atas beberapa zona. Ayo simak pembahasan tentang zona-zona laut berdasarkan kedalamannya.

Zone litoral

Zona litoral merupakan wilayah laut yang ketika terjadi pasang naik tertutup oleh air laut dan ketika air laut surut wilayah ini akan menjadi kering. Zona litoral ini sering disebut wilayah pasang surut.

Zona neritik

Zona neritik merupakan wilayah laut yang bermula dari zona pasang surut hingga kedalaman 200 meter. Zona ini tergolong tempat terkonsentrasinya biota laut, misalnya seperti berbagai jenis ikan. Zona neritik sering dinamakan sebagai wilayah laut dangkal.

PELAJARI:  Apa Saja Kenainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan?

Zona batial

Zona batial merupakan wilayah laut yang berupa lereng benua yang tenggelam di dasar samudera. Kedalaman dari zona batial ini berkisar di atas 200 meter – 2000 meter.

Zona abisial

Zona abisial merupakan wilayah laut yang berupa wilayah dasar samudra. Kedalaman dari zona abisial adalah di atas 2000 meter. Hal tersebut membuat jenis biota yang ada pada zona ini terbatas.