Apa Saja Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan?

Posted on

Sistem pernapasan manusia sangat kompleks, apabila tidak dijaga dengan baik maka akan terganggu. Berikut ini beberapa penyakit yang menyerang sistem pernapasan.

Faringitis

Faringitis merupakan dalah satu penyakit pada sistem pernapasan yang mengakibatkan peradangan pada  faring karena infeksi bakteri, virus atau karena merokok. Gejala pada penyakit ini  adalah rasa nyeri ketika menelan makanan dan kerongkongan terasa kering.

TBC (tuberkulosis)

TBC merupakan suatu penyakit yang menyerang paru-paru yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberkulosis. Perlu kamu ketahui bahwa penyakit ini dapat menular dengan melalui udara.

Pneumonia

Pneumonia adalah penyakit peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri atau benda-benda asing yang masuk menuju ke paru-paru. Hal tersebut menyebabkan  adanya timbunan cairan, eritrosit, dan leukosit pada alveolus.

PELAJARI:  Pengertian, Dampak Positif, dan Negatif MEA

Emfisema

Emfisema adalah suatu keadaan ketika permukaan alveolus menjadi melebar akibat dari infeksi sehingga dapat menurunkan proses difusi O2 .

Asma

Asma merupakan penyakit yang dikarenakan oleh bronkus atau bronkiolus mengalami penyempitan karena alergi. Penyakit ini biasanya ditandai dengan sudah bernapas atau sesak napas.

Diptasi

Diptasi merupakan suatu keadaan ketika faring atau laring terinfeksi oleh bakteri Corynebacterium diptherial. Hal tersebut mengakibatkan laring atau faring mengalami penyumbatan.

Pleuritis

Pleuritis merupakan suatu peradangan yang terjadi  pada pleura. Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti perasaan sakit di dada saat menghirup napas.