Jenis Ikan Air Tawar yang Sering Dikonsumsi

Salah satu bahan makanan yang menjadi sumber protein terbaik bagi kesehatan tubuh manusia adalah ikan. Ikan terdiri dari 2 kelompok besar yaitu ikan air laut dan ikan air tawar.

Ikan air laut lebih terkenal akan kandungan gizi dibandingkan dengan ikan air tawar namun daging ikan air tawar memiliki cita rasa yang lebih lezat dengan harga jual yang lebih ekonomis karena lebih mudah dibudidayakan.

Saat ini ikan air tawar banyak memiliki jenis sehingga menyediakan banyak pilihan untuk dikonsumsi oleh manusia.

Nah apa sajakah jenis – jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi oleh manusia tersebut di atas ? Simak penjelasan singkat dari kami tersebut di bawah ini :

 

Ikan air tawar bernama ikan lele

Ikan lele memiliki bentuk tubuh yang sangat licin seperti ikan belut dengan panjang tubuh semakin mengecil ke arah ekor. Lele memiliki ciri yang sangat menonjol yaitu terletak pada kumis yang panjang di bagian bibirnya.

Ukuran tubuh ikan ini rata – rata sedang cenderung kecil yang mana daging ikan lele banyak diburu orang karena rasanya yang enak dan gurih serta harga relatif murah dibandingkan dengan jenis ikan air tawar yang lainnya.

Ikan air tawar : ikan gurame

Ikan gurame adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling populer di Indonesia. Namun harga jual ikan ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan ikan air tawar jenis lainnya meskipun mudah dibudidayakan dan kebanyakan disajikan di restoran – restoran mewah.

Rata – rata harga yang dipatok adalah sesuai dengan ukuran tubuh ikan mulai dari yang terbesar hingga terkecil.

BACA:  Inilah Tahapan-Tahapan Klasifikasi Makhluk Hidup

Ciri yang ditonjolkan dari ikan air tawar yang satu ini adalah memiliki bentuk yang pipih melebar, sisik besar dan rapat serta warna kulit cokelat muda. Daging ikan bertekstur sangat padat dengan bagian tengah tubuh ditumbuhi duri – duri tajam. 

Ikan Patin Air Tawar

Ikan patin adalah sekelompok ikan berkumis yang masih memiliki hubungan satu keluarga dengan ikan lele air tawar. Namun tekstur luar tubuh ikan ini basah dan berlendir.

Banyak mengandung lemak tak jenuh menyebabkan ikan ini mengandung nilai gizi cukup tinggi hingga mencapai 50 persen untuk kesehatan tubuh manusia.

Juga ikan patin mengandung DHA dan Omega 3 dalam jumlah tinggi yang menjadikannya cocok dikonsumsi oleh anak – anak, ibu hamil, dan manula.

Ikan air tawar bernama ikan bawal

Jenis ikan air tawar yang satu ini banyak memiliki penggemar karena cita rasa daging bawal yang enak dan gurih cocok untuk dimasak menjadi ragam masakan Indonesia khas Nusantara.

Ikan bawal mempunyai warna – warna sisik campuran antara oranye dan hitam yang terlihat cantik dari kejauhan. Bentuk tubuh dari bawal adalah pipih dan lebar yang menjadi ciri khas sehingga ikan ini terlihat berbeda dari ikan lainnya. Harga ikan bawal di pasar – pasar tradisional cukup terjangkau karena mudah dibudidayakan.

Jenis ikan air tawar bernama ikan nila

Sekilas pandang ikan nila hampir mirip dengan ikan mujair hanya saja ikan nila mempunyai ukuran tubuh sedang – sedang saja yaitu dengan panjang maksimal 30 Cm dan menyimpan warna hitam keabu – abuan mengkilap.

Ikan ini sangat mudah dibudidayakan karena memiliki sifat dasar yaitu masa pertumbuhan yang sangat cepat dan mudah.

Ikan nila memiliki fakta kehidupan yang cukup unik yaitu setelah selesai masa kawin dan memasuki masa bertelur sesudahnya induk betina mempunyai kebiasaan mengulum telur – telur yang menetas dan telah dibuahi di dalam rongga mulutnya. Tingkah laku ini dikenal dengan istilah mouth breeder (pengeram telur dalam mulut). 

BACA:  Pengertian Simbiosis Amensalisme Serta Contohnya

Ikan air tawar bernama ikan belut

Ikan belut memiliki bentuk yang kecil – kecil panjang sangat licin dan lincah. Dilengkapi dengan sirip ekor memanjang dan tidak memiliki tulang rusuk.

Daging belut terkenal dengan tekstur yang lembut dan bercita rasa gurih khas ikan air tawar. Belut kaya akan kandungan gizi yang dapat diolah menjadi beragam sajian yang semakin enak dimakan bersama dengan nasi hangat dan sambal pedas.

Ikan air tawar bernama ikan gabus

Jenis ikan ini memiliki habitat hidup di rawa – rawa, sungai atau danau yang memiliki bentuk tubuh berukuran cukup besar dengan bagian kepala mirip dengan kepala ular dan tubuh dipenuhi warna hitam keabu – abuan dan bercak – bercak putih.

Ikan gabus bernafas secara langsung dengan udara di sekitarnya dan mampu bertahan hidup pada perairan dangkal. Daging ikan gabus biasa diolah dengan cara diawetkan yaitu diasinkan dan dikeringkan. Ikan asin gabus rasanya enak dan gurih serta berdaging tebal, inilah yang menyebabkan nilai jual di pasar agak mahal.

Ikan air tawar : ikan sidat

Sepintas pandang ikan ini memiliki bentuk mirip dengan ikan belut namun terdapat sedikit perbedaan yang terletak pada ekor dan kepala cenderung pipih dan melebar dibandingkan ikan belut yang meruncing.

Ikan sidat saat ini menjadi salah satu komoditi ekspor bernilai jual cukup tinggi karena meningkatnya kebutuhan pasar terutama dari luar negeri yaitu negeri Jepang.

Salah satu olahan masakan Jepang yang populer terbuat dari bahan dasar ikan ini adalah unagi nigir dimana daging ikan sidat dipotong – potong lalu dibalur bumbu dan dipanggang untuk selanjutnya dihidangkan bersama dengan nasi yang dibungkus dengan nori atau rumput laut.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.