Kondisi Alam dan Kenampakan Alam Singapura

Yang dimaksud dengan negara tetangga di Indonesia adalah sekumpulan negara yang memiliki lokasi letaknya di sekitar wilayah negara Indonesia.

Beberapa negara tetangga Indonesia yang dimaksudkan antara lain sebagai berikut Singapura, Malaysia, Timor Leste, Papua Nugini dan beberapa negara kecil lainnya yang berada di wilayah Asia Tenggara.

Karena negara – negara bersangkutan memiliki letak yang berdekatan dengan wilayah Indonesia maka Indonesia mempunyai banyak kesamaan dengan negara tetangga tersebut diantaranya adalah dalam hal kenampakan alam, keadaan sosial, jenis – jenis ras dan lain sebagainya.

Melalui artikel ini kami akan menjelaskan tentang hal – hal di Singapura terkait dengan kenampakan alam adalah kondisi geografis yang berada di dalam wilayah suatu negara.

 

Seperti halnya di Indonesia yang kaya akan keanekaragaman alam semesta, begitu pula dengan kondisi alam yang ada di Singapura dan negara – negara tetangga dari Indonesia lainnya.

Beberapa contoh kenampakan alam yang terbentang luas di dalam wilayah Indonesia antara lain pegunungan, laut atau pantai, danau, sungai, lembah – lembah, bukit, gunung, sawah dan lain sebagainya.

Kenampakan alam ini kemungkinan besar hampir sama dengan negara – negara tetangga. Terutama yang ada di alam Malaysia, Timor Leste hingga di Singapura.

Namun pada artikel kami kali ini hanya akan membahas tentang kenampakan alam di negara Singapura saja yang bisa menjelaskan tentang gambaran keadaan sosial budaya dan hal – hal lainnya yang berhubungan.

Secara garis besar kondisi alam di Singapura tak terlalu berbeda jauh dengan yang ada di Indonesia. Apabila di Indonesia ada daerah bebulitan maka begitu pula yang ada di Singapura, seperti keadaan pantai, hutan, danau dan lain sebagainya.

Beberapa kenampakan alam yang ada di Singapura ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Namun masih ada beberapa informasi yang perlu dibagikan.

BACA:  Faktor Pendorong dan Penghambat Terbentuknya Kerjasama Antar Beberapa Negara ASEAN

Berikut di bawah ini kami berikan 5 hal terkait dengan kondisi alam di Singapura yang menjadi kenampakan alam negara ekonomi terbagus di Asia Tenggara antara lain sebagai berikut :

1) Hutan

Singapura adalah salah satu wilayah yang pada mulanya terdiri dari daerah hutan belantara yang cukup luas. Seiring dengan perkembangan zaman, Singapura selanjutnya tumbuh dan berkembang menjadi negara yang memiliki penduduk cukup padat bahkan sukses menjadi negara industri termaju di Asia Tenggara.

Saat ini Singapura merupakan satu – satunya negara maju yang ada di wilayah Asia Tenggara yang mana keberadaan hutan masih tetap diperhatikan dan menjadi sangat penting karena sebagai paru – paru dunia yaitu satu – satunya yang menyumbangkan oksigen terbesar di dunia.

Maka dari itu Singapura tetap melestarikan keberadaan hutan – hutan mereka hingga saat ini kisaran 5 % dari keseluruhan wilayah Singapura ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung. Sama dengan di Indonesia, hutan lindung di Singapura mempunyai peranan sangat penting sebagai salah satu kawasan konservasi alam.

2) Sungai

Kenampakan alam yang kedua di Singapura adalah sungai merupakan salah satu kenampakan alam semesta yang terbanyak ditemukan di wilayah ini. Sungai – sungai ini melintasi beberapa wilayah di Singapura.

Beberapa sungai besar dan cukup terkenal terletak di wilayah ini antara lain sungai kranji, sungai jurong, sungai seletar, dan sungai serangsoon.

Sungai – sungai tersebut menyimpan banyak fungsi untuk kesejahteraan hidup penduduk di Singapura baik itu untuk fungsi lingkungan maupun fungsi pariwisata. Sungai di sini banyak sekali mempunyai manfaat bagi pemenuhan kehidupan manusia.

3) Pantai

Meskipun Singapura adalah negara dengan wilayah kecil namun memiliki kelebihan karena dikelilingi oleh banyak lautan. Maka dari itu Singapura menjadi sangat terkenal akan banyaknya pantai yang ditemukan di sekitarnya. Kepulauan yang ada di negara ini dikelilingi oleh pantai dan lautan.

BACA:  Lima Lapisan Atmosfer Secara Berurutan

Batas negara ini terhadap negara – negara lain dikenal dengan istilah selat seperti selat Malaka terletak di sebelah barat, selat Singapura terletak di sebelah selatan, selat Johor di sebelah utara dan di sebelah timur adalah selat Karimata.

Selat – selat tersebut merupakan lautan yang memiliki fungsi sebagai pemisah daratan Singapura dengan daratan – daratan lainnya.

4) Waduk

Waduk adalah kenampakan alam kelima yang ada di wilayah Singapura. Meskipun waduk adalah sejenis bendungan yang sengaja dibuat oleh tangan – tangan manusia, namun waduk bisa dikelompokkan ke dalam salah satu kenampakan alam.

Singapura memiliki beberapa waduk besar yang cukup terkenal antara lain sebagai berikut waduk Macritchie, waduk Pandan, waduk Pierce, dan waduk Seleter. Waduk – waduk ini mempunyai beberapa fungsi yang dapat membantu kehidupan masyarakat di Singapura.

5) Perbukitan

Kenampakan alam terakhir yang berada di wilayah Singapura adalah berupa daerah perbukitan. Daerah perbukitan adalah sekumpulan dari beberapa bukit yang membentuk suatu daerah dengan menyimpan pemandangan alam yang indah. Perbukitan adalah salah satu penampakan alam yang terbanyak ditemukan di negara Singapura.

Singapura merupakan sebuah negara kecil dengan satu pulau induk sebagai pulau dengan wilayah perbukitan terbesar di sini.

Beberapa perbukitan yang cukup terkenal di negara ini antara lain sebagai berikut bukit Panjang, bukit Mandai, bukit Timah dan bukit Kalang. Bukit – bukit ini terlihat megah berdiri mengelilingi wilayah Singapura. Adapun bukit yang paling tinggi adalah bukit Timah dengan ketinggian sekitar 166 m.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang 6 hal terkait dengan kondisi alam dan kenampakan alam di Singapura. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.