Fungsi Seni Tari

Posted on

Seni tari merupakan salah satu cabang seni yang memiliki banyak peminat. Seni tari adalah seni olah tubuh yang dapat menimbulkan keindahan dan dapat membahagiakan orang yang melihat seni tersebut, karena pada dasarnya semua hal yang berkaitan dengan seni adalah semua hal yang berkaitan dengan keindahan.

Seni tari juga memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah berfungsi sebagai hiburan, media pergaulan, media pertunjukkan dan juga pertunjukkan.

Seni tari sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda tergantung jenisnya. Seni tari biasanya dibagi menjadi tiga jenis yakni tari upacara, tari hiburan dan juga tari pertunjukkan.

Jenis-jenis seni tari berdasarkan fungsinya dapat dibagi menjadi tujuh jenis, yakni sebagai sarana upacara, sarana hiburan, sarana penyaluran terapi, sarana pendidikan, sarana pergaulan, sarana pertunjukkan dan juga sebagai sarana katarsis.

PELAJARI:  Kegunaan Aspek Teknik Dalam Seni Kriya

Jika fungsi tari sebagai sarana upacara, maka tari digunakan untuk upacara keagamaan maupun upacara-upacara penting yang lainnya. Contoh tari yang digunakan sebagai sarana upacara yakni tari pendet yang ada di bali.Tarian ini ditarikan oleh para gadis dengan membawa bokor yang berisi bunga yang bertujuan untuk sesaji yang digunakan untuk persembahan.

Jika tari berfungsi sebagai sarana hiburan yakni ketika seni tari dapat membuat orang lain maupun penonton yang menontonnya menjadi bahagia dan tanpa sadar mereka ikut menari mengikuti irama yang ada. Contoh tari hiburan ini adalah tarian serampang dua belas yang berasal dari sumatera.

Tari sebagai sarana penyaluran terapi ketika seni tari digunakan untuk terapi orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus. Seperti misalnya tari untuk orang disabilitas maupun anak yang menderita autis.

PELAJARI:  Kegunaan Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

Sebagai sarana pendidikan ketika sebuah seni tari mengajarkan kepada anak tentang nilai-nilai kesopanan dan juga pergaulan yang berpegang teguh pada etika dan juga norma yang ada.

Sebagai sarana pergaulan, ketika sebuah tarian tidak hanya dilakukan oleh satu orang saja tapi dilakukan oleh orang banyak dan juga beramai-ramai sehingga dapat berfungsi untuk merekatkan hubungan persahabatan. Contohnya adalah tari saman dari aceh.

Sebagai sarana pertunjukkan ketika sebuah tarian memiliki konsep yang matang dan akhirnya menghasilkan tarian yang indah dan spektakuler. Contohnya adalah tari ramayana yang bertujuan untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung ke jogjakarta.

Dan yang terakhir adalah sebagai sarana katarsis yakni memiliki arti sebagai pembersihan jiwa. Seni katarsis ini dilakukan oleh orang-orang yang sudah memiliki penghayatan seni yang tinggi, dan yang biasa melakukan katarsis ini adalah para seniman.

PELAJARI:  Unsur Artistik Tari Piring

Nah, demikianlah fungsi seni tari. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.