Pengertian Konduktor dan Isolator Fungsi dan Contohnya

Posted on

Bagi kehidupan manusia ada dua jenis penghantar panas yaitu konduktor dan isolator. Keduanya sangat berperan penting dalam kehidupan sehari hari. konduktor panas adalah merupakan benda-benda yang mudah dan cepat dalam menghantarkan panas. Sedangkan isolator panas adalah benda-benda yang tidak mudah dan lambat menghantarkan panas.

Contoh konduktor dan isolator

Jika Anda memasak air di rumah, Anda biasanya menggunakan alat yang terbuat dari logam, sebab logam merupakan penghantar panas konduktor yang baik. Jika dibandingkan jika menggunakan alat/wadah yang terbuat dari tanah liat. Begitu pula tangkai atau pegangan alat masak atau alat penggorengan, biasanya menggunakan kayu atau karet. Sebab, kayu dan karet merupakan benda penyekat panas isolator yang baik atau penghantar panas yang kurang baik.

Benda yang bersifat konduktor dan isolator banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah contoh benda-benda yang memanfaatkan sifat konduktor dan isolator:

PELAJARI:  Perbedaan Fungsi Antara Polip Dengan Medusa

Wajan dan Panci

Benda yang sangat baik menghantarkan panas yaitu jenis logam ( baja, besi, tembaga, seng, alumunium, perunggu, kuningan ). Logam yang paling baik menghantarkan panas adalah alumunium. Alumunium dipakai untuk perkakas rumah tangga, misalnya : wajan penggorengan, panci, rice cooker, ceret dan lain-lain. Alat dapur yang sering berhubungan dengan api, menggunakan sifat konduktor dan isolator panas. Bagian benda yang menempel pada api terbuat dari bahan konduktor misalnya aluminium. Sedangkan benda yang digunakan sebagai pegangan umumnya terbuat dari isolator untuk menyekat panas. Benda yang digunakan sebagai pegangan pada alat dapur misalnya kayu atau plastik.

Thermos

Termos terbuat dari campuran alumunium, kaca, plastik, dan gabus. Bagian dalam termos terbuat dari alumunium yang dilapisi kaca. Bahan ini merupakan jenis konduktor yang cukup baik. Bagian luar termos terbuat dari plastik dan gabus. Tujuannya adalah menjaga suhu dalam termos supaya tetap. Gabus dan plastik adalah isolator panas. Ada juga termos yang menggunakan ruang hampa udara di dalamnya, ruang hampa udara ini juga berfungsi sebagai isolator panas. Termos yang tertutup rapat hingga hampa udara mampu menjaga suhu air. Prinsip kerja termos panas maupun dingin adalah sama.

PELAJARI:  Inilah Tahapan-Tahapan Klasifikasi Makhluk Hidup

Setrika

Setrika listrik ini mengubah energi listrik menjadi energi panas. Panas yang dihasilkan digunakan untuk merapikan pakaian. Setrika listrik dibuat dari campuran bahan konduktor dan isolator. Bagian dasar setrika terbuat dari besi sebagai penghantar panas yang baik(konduktor). Bagian atas setrika (pegangan) terbuat dari plastik. Plastik merupakan bahan yang tidak dapat menghantarkan panas (isolator). Perpaduan inilah yang menjadikan setrika listrik nyaman dipakai meskipun pada suhu tinggi.

Jaket

Jaket terbuat dari bahan kain yang bersifat isolator. Pada saat suhu udara dingin, jaket akan menahan panas yang ada dalam tubuh keluar. Dengan demikian, kita akan tetap merasa hangat. Pakaian lain yang sama fungsinya dengan jaket adalah sweater, sweater menahan panas tubuh kita agar tidak keluar. Sehingga badan kita tetap hangat.

PELAJARI:  Gerak Endonom Esionom dan Higroskopis