Klasifikasi Golongan Darah Manusia

Semua mahluk hidup memiliki darah. Entah itu manusia maupun hewan, kecuali tanaman. Darah yang ada di pembuluh darah manusia dan juga hewan memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen dan juga zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan dialirkan ke seluruh tubuh tanpa terkecuali.

Klasifikasi Golongan Darah Manusia

Golongan darah manusia terdiri dari 4 macam golongan darah yakni golongan darah A, B, O dan juga AB. Tapi sebenarnya golongan darah manusia dibedakan menjadi 8 yakni golongan darah manusia yang dibedakan karena rhesus, rhesus ini terdapat dua jenis lagi yakni rhesus positif dan juga rhesus negatif. Jadi golongan darah manusia itu terdiri dari 8 rhesus yakni golongan darah A+, A-, B+, B-, O+, O-, AB+ dan juga AB-.

Golongan darah manusia juga sebenarnya memiliki dua antigen yakni antigen a dan juga antigen b, yang selama ini tidak banyak orang ketahui tentang antigen ini. Dan antigen ini terdapat pada membran pada sel darah merah. Nah, jika ditilik pada penggolongan berdasarkan antigen ini, maka terdapat 4 golongan darah yakni golongan darah A, B, O dan juga AB.

PELAJARI JUGA:  Pengertian Simbiosis Amensalisme Serta Contohnya

Golongan Darah A

Golongan darah A adalah golongan darah yang memiliki antigen a di membran selnya, namun menghasilkan zat antibodi pada golongan darah B.

Golongan Darah B

Golongan darah B adalah golongan darah yang memiliki antigen b dan merupakan kebalikan dari golongan darah A, golongan darah B memiliki zat antibodi a.

Golongan Darah AB

Golongan darah AB memiliki antigen gabungan antara a dan juga b. Sedangkan golongan darah AB ini menghasilkan antibodi a dan juga antibodi b.

Golongan Darah O

Dan yang terakhir adalah golongan darah O, golongan darah ini tidak memiliki antigen a dan juga b. Tetapi golongan darah O ini memiliki antibodi a dan juga b.

Transfusi Darah

Darah seseorang pun dapat ditransfusikan, dari satu individu ke individu yang lainnya. Misalnya ketika ada seorang anak mengalami sebuah kecelakaan dan membutuhkan banyak darah, maka transfusi darah ini sangat diperlukan. Transfusi darah sendiri adalah proses penyaluran darah dari satu individu ke individu yang lainnya.

Namun proses transfusi darah ini harus diperhatikan dan juga harus hati-hati, karena apabila tidak sesuai maka akan dapat menyebabkan yang namanya penyakit anemia hemolisis, penyakit ginjal dan yang lebih parahnya lagi dapat menyebabkan kematian.

PELAJARI JUGA:  Penyakit dan Gangguan Pernapasan pada Manusia

Golongan Darah A

Golongan darah A dapat menerima transfusi darah dari golongan A dan juga O. Golongan darah A dapat menyumbangkan darahnya ke golongan darah A dan juga AB.

Golongan Darah B

Golongan darah B dapat menerima transfusi darah dari golongan darah B dan juga O. Golongan darah B dapat menyumbangkan darah ke golongan darah B dan AB.

Golongan Darah O

Golongan darah O dapat menerima darah dari golongan O saja. Sedangkan golongan darah O dapat menyumbangkan darahnya ke golongan darah A, B dan juga AB.

Golongan Darah AB

Golongan darah AB dapat menerima darah dari golongan darah AB, A, B dan O. Golongan darah AB dapat menyumbangkan darahnya ke golongan darahnya sendiri yakni golongan darah AB.

Demikianlah beberapa informasi tentang golongan darah manusia. Semoga dapat menambah pengetahuan anda. Terima kasih.