Flora dan Fauna di Indonesia

Posted on

Indonesia merupakan negara yang kaya hal ini dapat dilihat dari beragamnya flora serta fauna di indonesia. Tapi apa sebenarnya flora dan fauna tersebut? Untuk anda yang kurang mengerti maupun kurang paham mari kita bahas bersama-sama.

Pengertian Flora dan fauna secara sederhana adalah hewan dan juga tumbuhan. Sedangkan apabila diartikan secara umum flora dan juga fauna adalah keseluruhan hewan dan juga tumbuhan yang ada di muka bumi ini.

Di indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki beragam flora dan fauna yang tersebar di seluruh wilayah di indonesia. Beragam flora dan fauna tersebut memiliki tempat tinggal maupun memiliki tempat untuk mencari kehidupan yang beragam mulai dari di darat, laut maupun di udara.

PELAJARI:  Dampak Positif Negara Indonesia Secara Geologis

Kata flora sendiri sebenarnya berasal dari bahasa latin yakni berasal dari kata yaita yang memiliki arti dewi pelindung bunga serta taman dan merupakan suatu dewi kesuburan dalam ilmu mitologi romawi. Oleh karena itu flora disebut sebagai tanaman maupun dapat diartikan sebagai sekelompok tanaman. Terdapat pula suatu jenis flora yang termasuk dalam kategori endemik. Flora endemik sendiri yakni jenis tanaman yang hanya dapat tumbuh pada wilayah tertentu. Misalnya seperti flora jawa maupun tanaman yang hanya ada di pulau jawa yakni misalnya adalah tanaman dan juga bunga melati. Sedangkan tanaman endemik sumatera yakni tanaman yang hanya tumbuh di pulau sumatera adalah bunga bangkai maupun rafflesia arnoldi dan jenis flora endemik lainnya yang tersebar di pulau lain di seluruh indonesia.

PELAJARI:  Persebaran dan Potensi Batubara di Indonesia

Sedangkan fauna di dalam bahasa latin memiliki arti yakni alam hewan. Sama seperti flora, fauna juga memiliki fauna endemik. Yakni fauna yang hanya dapat tumbuh pada wilayah tertentu. Contoh fauna endemik yang ada di wilayah indonesia diantaranya adalah fauna endemik yang ada di kepulauan jawa dan juga fauna endemik yang ada di kepulauan sumatera. Fauna endemik yang ada di kepulauan jawa adalah badak bercula satu yang juga termasuk salah satu hewan yang langka ataupun hewan yang terancam punah. Dan fauna endemik kepulauan sumatera adalah harimau sumatera sama seperti badak bercula satu yang merupakan hewan yang tergolong langka dan lebih banyak lagi fauna endemik yang ada di banyak kepulauan di indonesia.

PELAJARI:  Jenis - jenis Batuan dan Contohnya

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai flora dan fauna. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.