Perkembangbiakan Hewan Bertulang Belakang

Posted on

Perkembangbiakan hewan bertulang belakang atau dapat disebut juga dengan vertebrata yaitu dapat terjadi dengan proses peleburan sel kelamin. Peleburan antara sel kelamin jantan dan betina disebut juga dengan pembuahan. Pembuahan tersebut bisa terjadi dengan dua cara, yaitu:

1) Pembuahan eksternal adalah pembuahan yang terjadi di luar sel sehingga peleburan sel telur dan sel sperma terjadi di luar tubuh induk betina. Contoh dari pembuahan eksternal yaitu terjadi pada ikan dan katak.

2) Pembuahan internal merupakan pembuahan yang terjadi di dalam sel sehingga peleburan sel telur dan sperma terjadi dalam tubuh induknya. Contoh dari pembuahan internal tersebut ialah pada hewan mamalia, reptil, dan burung. Sel telur yang telah dibuahi disebut juga dengan zigot. Zigot tersebut akan berkembang menjadi individu baru.

PELAJARI:  Mengenal Sistem Fertilisasi Kuda Laut

Perkembangbiakan generatif pada hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang dapat terjadi secara ovipar, vivipar, atau ovovivipar. Perkembangbiakan secara ovipar adalah perkembangbiakan dengan cara bertelur. Contoh hewan yang berkembangbiak secara ovipar adalah ayam, burung, dan ikan. Vivipar merupakan cara perkembangbiakan dengan melahirkan. Contoh hewan yang berkembangiak dengan cara vivipar adalah anjing, gajah, harimau, dan kucing. Ovovivipar merupakan cara perkembangbiakan dengan bertelur dan beranak. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan ovovivipar adalah ular, kadal, dan buaya.