Mengenal Sistem Fertilisasi Kuda Laut

Posted on

Kuda laut merupakan jenis ikan yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan familia Syngnathidae dan memiliki ukuran yang sangat kecil sekitar 16 mm. Jika diperhatikan dengan saksama kuda laut memiliki bentuk tubuhnya sangat unik berbentuk huruf “S” dengan sebuah mahkota di kepalanya. Tubuhnya yang lunak terbungkus oleh eksoskeleton yang keras dan beduri.

Kuda laut dewasa dapat mencapai ukuran kurang lebih 30 cm. Selain itu kuda laut memiliki ekor panjang fungsinya sebagai pegangan pada sesuatu di dalam air. Kuda Laut juga memiliki sirip kecil pada punggungnya yang dapat ia gunakan sebagai penggerak saat ia ingin berpindah tempat.

Lalu bagaimana cara kuda laut melakukan fertilisasi? Disini kita mencoba membahas bagaimana cara kuda laut melakukan fertilisasi atau pembuahan. Apakah Anda tahu jika kuda laut jantanlah yang melahirkan anak-anaknya.

PELAJARI:  Tumbuhan tak Berpembuluh (lumut)

Kuda laut jantan dan betina akan terlihat saling kejar mengejar saat mamasuki musim kawin tiba. Saat menemukan pasangan yang cocok, kuda laut jantan dan betina akan saling mengaitkan ujung ekornya satu sama lain.

Saat proses kawin terjadi, maka kuda laut betina akan lebih dulu mentransfer telur-telurnya ke sebuah kantung khusus pada perut kuda laut jantan yang disebut sebagai kantung pengeraman (Brood Pouch). Jadi dalam hal ini, kuda laut betina telah bertelur sebelum ia kawin dengan pejantan, adapun telur-telur itu dihasilkan secara otomatis saat kuda laut betina telah mencapai kematangan seksualnya.

Telur yang ditransfer kuda laut betina ke dalam kantung pengeraman kuda laut jantan dapat mencapai ratusan. Setelah betina selesai mentransfer telur-telurnya, kuda laut jantan akan segera melepaskan sperma untuk membuahinya. Pembuahan seperti ini dikenal dengan pembuahan di luar tubuh (Fertilisasi Eksternal).

PELAJARI:  Pengertian Simbiosis Komensalisme Serta Contohnya

Setelah proses perkawinan selesai, kuda laut jantan akan mengerami telur-telur yang ada pada kantung pengeraman di perutnya dengan bantuan semacam plasenta yang berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen. Pengeraman telur oleh kuda laut jantan berlangsung selama 10 hingga 14 hari.

Kuda laut jantan kemudian akan melahirkan anak-anaknya dalam waktu sekitar 30 menit. Jumlah bayi yang dilahirkan dapat mencapai ratusan hingga ribuan. Saat dilahirkan bayi kuda laut memiliki ukuran tubuh sekitar 6 hingga 12 milimeter dan masih sangat rentan terhadap ancaman predator. Makanannya bayi kuda laut berupa Krustasea yang sangat kecil, sementara kuda laut dewasa memakan Zooplankton dan Udan kecil.