Bagian-bagian Pada Telinga Manusia

Posted on

Telinga merupakan indera pendengaran yang sangat penting untuk dirawat dan dijaga agar tidak terkena gangguan. Pada telinga terdapat sistem keseimbangan yang apabila keseimbangan tersebut goyah maka sistem yang lain dalam tubuh akan terganggu juga.Telinga manusia memiliki tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, tengah, dan dalam. Barikut ini pembahasan tentang bagian-bagian telinga yang perlu kamu ketahui.

  1. Telinga bagian luar

Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar. Daun telinga memiliki fungsi untuk menangkap bunyi dari lingkungan. Bunyi tersebut akan masuk melalui lubang telinga. Kemudian, bunyi akan diteruskan ke telinga bagian tengah dengan saluran telinga luar.

2. Telinga bagian tengah

PELAJARI:  Perkembangbiakan Hewan Bertulang Belakang

Telinga bagian tengah terdiri atas  gendang telinga, tulang-tulang pendengaran (tulang martil, landasan, sanggurdi), serta saluran eustachius. Bagian-bagian telinga tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

  • Gendang telinga memiliki fungsi untuk menerima getaran bunyi yang ditangkap oleh daun telinga.
  • Tulang-tulang pendengaran memiliki fungsi untuk menghantarkan getaran dari gendang telinga menuju telinga bagian dalam.
  • Saluran eustachius adalah penghubung telinga bagian tengah dengan hidung dan tenggorokan. Saluran tersebut akan menjaga tekanan udara dalam rongga telinga serta tekanan udara di luar sehingga selalu sama.

3. Telinga bagian dalam

Telinga bagian dalam terdiri atas tiga saluran setengah lingkaran, rumah siput, serta saraf-saraf pendengaran. Telinga bagian dalam tersebut mempunyai fungsi sebagai berikut.

  • Tiga saluran setengah lingkaran memiliki fungsi untuk alat keseimbangan tubuh.
  • Di dalam rumah siput memiliki cairan dan rambut-rambut halus. Rambut-rambut halus tersebut akan menyampaikan getaran menuju ujung-ujung saraf pendengaran.
  • Saraf-saraf pendengaran memiliki fungsi untuk menyampaikan bunyi ke pusat saraf otak.
PELAJARI:  Hal Wajib Dilakukan untuk Menjaga Sumber Daya Alam Tetap Lestari