Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis dan Struktur Teks Narasi

Yang dimaksud dengan narasi merupakan salah satu jenis pengembangan dari paragraf yang di dalamnya berisikan suatu tulisan dan merupakan bagian dari rangkaian kejadian yang berlangsung dari waktu ke waktu dijelaskan dalam urutan awal, tengah, dan akhir.

Pengertian yang lain menjelaskan tentang makna dari narasi adalah merupakan sebuah paragraf yang tersusun dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah hiburan berdasarkan atas pengalaman yang menarik bagi para pembaca.

Berkaitan dengan penjelasan dari kami tersebut di atas menjelaskan bahwa narasi bisa memiliki bentuk berupa fiksi dan non fiksi. Pada umumnya mudah ditemukan pada karya – karya seperti biografi, cerpen, novel, dan lain sebagainya.

Nah menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengungkap lebih lengkap tentang narasi sebagai sebuah jenis cerita atau kejadian yang bersifat sastra, cerita atau deskripsi terhadap sebuah kejadian atau peristiwa dan kisahan yang menyelipkan tentang sebuah tema karya seni.

 

Ciri-ciri Teks Narasi

Adapun ciri-ciri dari teks narasi adalah antara lain:

  • Merupakan sebuah susunan yang bersifat kronologis menjadi fokus utama yang sangat ditekankan. Pada prinsipnya ciri narasi yang pertama ini adalah berisikan tentang sebuah cerita, memfokus / menekankan terhadap suatu kronologis atau peristiwa yang terjadi dari waktu ke waktu yang di dalamnya mempunyai konfliks.
  • Mempunyai nilai estetika yang berhubungan dengan keindahan.
  • Didasarkan atas konfliks agar narasi menjadi menarik.
  • Peristiwa – peristiwa atau kejadian di dalamnya diberikan sebagai wujud peristiwa yang nyata sedang terjadi, bisa dalam bentuk imajinasi atau gabungan keduanya.
  • Memperlihatkan unsur terhadap perbuatan atau tindakan.
  • Disusun dalam urutan waktu.
  • Berusaha memberikan tanggapan atau jawaban tentang apa yang terjadi.
  • Bisa dalam wujud cerita yang berhubungan dengan peristiwa atau pengalaman penulis.  
BACA:  Mengidentifikasi Informasi Berupa Permasalahan Aktual yang Disajikan dalam Ceramah

Tujuan Teks Narasi

Teks narasi dibuat dengan tujuan sebagai berikut:

  • Untuk menyampaikan tentang pengalaman – pengalaman yang indah bagi para pembaca,
  • Untuk menyampaikan beberapa informasi atau wawasan disertai memperluas pengetahuan.

Jenis – Jenis Teks Narasi

1. Jenis narasi informatif

Adalah salah satu jenis teks narasi yang mempunyai beberapa sasaran dalam hal penyampaian pesan atau informasi secara tepat berhubungan terhadap sebuah kejadian / peristiwa yang memiliki tujuan untuk dapat memperluas wawasan dari orang – orang terkait dengan kisah hidup (perjalanan hidup) seseorang.

2. Jenis narasi ekspositorik

Adalah salah satu jenis narasi yang bertujuan guna menyumbangkan beberapa informasi yang tepat berhubungan terhadap sebuah kejadian yang memiliki tujuan untuk memperluas pengetahuan orang tentang kisah – kisah perjalanan hidup seseorang.

3. Jenis narasi artistik

Merupakan salah satu jenis narasi yang berusaha untuk menyumbangkan suatu maksud tertentu dan menjelaskan sebuah amanat yang tersembunyi kepada sekelompok pembaca atau pendengar sehingga seperti seolah – olah mereka melihat secara langsung.

4. Jenis narasi sugestif

Adalah salah satu jenis narasi yang berusaha untuk menjelaskan atau menyediakan suatu maksud – maksud tertentu untuk selanjutnya memberikan sebuah amanat yang tersembunyi kepada para pembaca atau sekelompok pendengar sehingga terlihat dan tampak seolah – olah mereka bisa melihat secara langsung.

BACA:  Mengidentifikasi Kaidah Bahasa Teks Biografi

Unsur-Unsur Teks Narasi

Adapun unsur-unsur dari teks narasi adalah sebagai berikut:

  • Plot atau alur adalah rangkaian proses atau urutan masing – masing peristiwa yang memiliki tujuan untuk mengatur tentang hubungan peristiwa demi peristiwa agar satu dengan yang lainnya saling berhubungan secara logis.
  • Pengembangan adalah rangkaian proses atau runtutan kejadian yang diawali dengan adanya pengenalan atau pendahuluan (tentang pengenalan tokoh – tokohnya), isi kejadian (konflik diantara para tokoh) serta penyelesaian (penutup).

Struktur Teks Narasi

Sebuah teks narasi dibentuk dari beberapa bagian yang terstruktur. Berikut adalah beberapa struktur teks narasi yang umum digunakan.

  • Pengenalan yaitu bagian yang di dalamnya terdapat pengenalan kepada para tokoh, suasana, latar, dan lain sebagainya.
  • Awal pertikaian adalah bagian dimana berisikan tentang ilustrasi terhadap konflik utama yang ingin diperlihatkan sebagai fokus utama oleh penulis.
  • Klimaks atau puncak pertikaian adalah bagian yang berisikan mengenai ilustrasi terhadap konflik utama atau inti dari cerita yang sedang disusun.
  • Antiklimaks atau penyelesaian adalah bagian yang berisikan tentang tentang penyelesaian terhadap pokok permasalahan yang terjadi di dalam sebuah cerita disertai pertanda akhir dari cerita bersangkutan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang materi tentang teks narasi. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.