Organ Peredaran Darah pada Manusia

Posted on

Manusia memiliki tubuh yang dialiri oleh darah. Darah berupa cairan darah dan sel-sel darah. Perlu kmu ketahui bahwa cairn darah tersebut terdiri dari bahan-bahan kimia dan air, sedangkan sel-sel darah merah terbagi menjadi 3 yaitu sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah.

Sel darah merah memiliki zat yang berwarna merah darah atau dapat disebut dengan hemoglobin. Sel darah merah tersebut memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen dan karbon dioksida. Sel darah putih memiliki fungsi untuk memakan kuman penyakit. Sedangkan keping-keping darah berfungsi sebagai penutup luka.

Darah mengalir di tubuh manusia tanpa henti untuk mengangkut sari-sari makanan dn oksigen. Selain itu, darah juga memiliki fungsi untuk mengatur suhu tubuh. Ayo simak organ-organ peredaran darah manusia yang perlu kmu ketahui.

PELAJARI:  Pergiliran Fase Gametofit dan Sporofit pada Tumbuhan Lumut

Jantung

Jantung merupakan organ vital yang berukuran sekitar sebesar kepalan tangan individu masing-masing. Jantung terdapat di dalam rongga dada bagian kiri. Fungsi jantung ialah untuk memompa darah agar bisa mengalir ke seluruh tubuh.

Di dalam dinding jantung memiliki otot-otot yang selalu bekerja. Kerja otot-otot jantung tersebut membuat jantung dapat berdenyut dengan berirama. Denyutan jantung itulah yang menyebabkan darah terpompa keluar jantung.

Jantung memiliki  empat ruangan yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. Terdapat katup diantara serambi kiri dan bilik kiri. Katup tersebut akan menjaga darah agar tidak mengalir kembali menuju serambi. Darah yang berasal dari serambi kiri dapat mengalir ke bilik kiri. Namun, darah yang terdapt di bilik kiri tidak kan bisa mengalir ke serambi kiri. Darah dari serambi kanan bisa mengalir ke bilik kanan. Darah di bilik kanan juga tidak akan bisa mengalir ke serambi kanan karena terdapat katup.

PELAJARI:  Yuk Cari Tahu tentang Macam-Macam Persendian

Perlu kamu ketahu bahwa otot-otot yang terdapat pada bilik lebih tebal bila dibandingkan dengan serambi. Hal tersebut dikarenakan otot-otot yang terdapat pada bilik bekerja lebih berat daripada serambi. Tugas otot-otot balik tersebut adalah memompa darah keluar dari jantung.

Pembuluh Darah

Organ peredaran darah selanjutnya adalah pembuluh darah. Pembuluh darah digolongkan menjadi dua yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena).

Pembuluh nadi merupakan pembuluh darah yang dapat mengalirkan darah ke luar jantung. Nadi berisi darah bersih, kecuali arteri yang menuju ke paru-paru. Sedangkan pembuluh balik atau vena merupakan pembuluh darah yang dapat mengalirkan darah masuk ke jantung. Pembuluh vena berisi darah kotor, kecuali vena yang berasal dari paru-paru.

PELAJARI:  Mengenal Sistem Fertilisasi Kuda Laut

Pembuluh nadi ada yang bercabang-cabang sehingga menjadi cabang yang sangat kecil biasanya disebut kapiler. Pembuluh vena juga bercabang-cabang menjadi lebih kecil. Kapiler dapat diartikan sebagai pembuluh darah yang menghubungkan antara arteri dan vena. Pembuluh nadi yang paling besar dinamakan aorta. Sedangkan, pembuluh vena yang terbesar disebut vena kava.