Multi Fungsi Larutan Lugol

Larutan Lugol merupakan larutan dari unsur iodium dan kalium iodida dalam air. Larutan ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang ilmuan dari dari Perancis bernama Jean Guillaume Auguste Lugol pada tahun 1829. Larutan lugol biasanya digunakan sebagai antiseptik dan desinfektan, untuk desinfeksi darurat air minum, dan sebagai reagen untuk melacak pati dalam uji rutin laboratorium dan medis.

 

Formula dan Pembuatan

Larutan Lugol tersedia dalam potensi berbeda 1%, 2%, atau 5% iodium. Larutan 5% terdiri dari 5% (m/v) iodium (I2) dan 10% (m/v) kalium iodida (KI) dicampur dalam air suling dan memiliki kandungan iodium total 126,5 mg/mL. Kalium iodida menyumbang unsur iodium yang larut dalam air melalui pembentukan io triiodida I−3). Ini jangan dibingungkan dengan larutan tinktur iodium, yang terdiri dari unsur iodium, dan garam iodida dilarutkan dalam air dan alkohol. Larutan Lugol tidak mengandung alkohol.

Nama lain untuk larutan Lugol ialah I2KI (iodium-kalium iodida); Markodine, larutan kuat (Systemic); dan BCP Larutan Iodium Encer. Lugol diperoleh melalui konter dari toko obat atau toko makanan sehat. Indikator ini, juga disebut pewarna, digunakan dalam banyak bidang yang berbeda.

Sebagai Mordant Pewarnaan Gram

Sebagai mordant ketika kinerja Pewarnaan Gram. Lugol digunakan selama 1 menit setelah mewarnai dengan kristal violet, tetapi sebelum etanol untuk memastikan bahwa peptidoglikan organisme gram positif tetap diwarnai, mudah meng-identifikasinya sebagai gram positif dalam mikroskop.

Sebagai Indikator

Larutan ini dapat digunakan sebagai uji indikator atas adanya pati dalam senyawa organik, dengan mana larutan ini bereaksi dengan mengubah warna biru-gelap/hitam. Larutan unsur iodium seperti Lugol akan mewarnai pati karena interaksi iodium dengan struktur lingkar polisakarida. Pati termasuk pati tanaman amilosa dan amilopektin, serta glikogen pada sel hewan. Larutan Lugol tidak akan mendeteksi gula-gula sederhana seperti glukosa atau fruktosa. Pada kondisi patologis, deposit amiloid (yaitu, deposit yang berwarna seperti pati, tetapi tidak) dapat begitu berlimpah bahwa organ yang terkena dampak juga akan ternoda terlalu positif untuk reaksi Lugol untuk pati.

Sebagai Pewarna Sel

Lugol dapat digunakan sebagai pewarna sel, membuat inti sel lebih terlihat dan untuk mengawetkan sampel fitoplankton.

Sebagai Uji Schiller

Selama kolposkopi, iodium Lugol digunakan pada vagina dan leher rahim. Yang normal noda jaringan vagina coklat karena kandungan glikogen yang tinggi, sedangkan jaringan yang mencurigakan untuk kanker tidak ternodai, dan dengan demikian tampak pucat dibandingkan dengan jaringan sekitarnya. Biopsi jaringan yang mencurigakan kemudian dapat dilakukan. Ini disebut Uji Schiller.

Sebagai Penguat Visualisasi Mukogingival

Iodium Lugol boleh juga digunakan untuk lebih mem-visualisasikan persimpangan mukogingival di mulut. Mirip dengan metode pewarnaan yang disebutkan di atas mengenai kolposkopi, mukosa alveolar memiliki kandungan glikogen yang tinggi yang memberikan reaksi iodium positif terhadap gingival berkeratin.

Untuk Eksperimen

Larutan Lugol juga dapat digunakan dalam berbagai eksperimen untuk mengamati bagaimana membran sel menggunakan osmosis dan difusi.

Sebagai Pengoksidasi Germisida

Iodium Lugol boleh juga digunakan sebagai pengoksidasi germisida, namun itu agak tidak diinginkan dalam hal ini dapat menyebabkan jaringan parut dan kulit kehilangan warna untuk sementara. Salah satu cara untuk menghindari masalah ini adalah dengan menggunakan larutan etanol 70% untuk mencuci iodium nanti.

Dalam Industri Akuarium Laut

Larutan Lugol juga digunakan dalam industri akuarium laut. Larutan Lugol memberikan sumber iodium bebas dan iodida yang kuat untuk karang dan makroalga. Walaupun larutan ini dianggap efektif saat digunakan dengan batu koral, sistem yang mengandung xenia dan karang lunak diasumsikan sangat diuntungkan oleh penggunaan larutan Lugol. Digunakan sebagai celupan untuk batu koral dan karang lunak atau kulit, Lugol dapat membantu menyingkirkan hewan parasit yang tidak diinginkan dan bakteri berbahaya.

Larutannya diperkirakan mendorong peningkatan warna dan mungkin mencegah pemutihan karang karena perubahan intensitas cahaya, dan untuk meningkatkan ekspansi polip karang. Warna biru Acropora spp. diperkirakan ditingkatkan dengan menggunakan kalium iodida. Suplemen khusus yang dikemas dari produk ditujukan untuk penggunaan di akuarium dapat dibeli di toko-toko khusus dan online.

Dalam Tiroidektomi

Pemberian larutan Lugol praoperasi mengurangi kehilangan darah intraoperatif selama tiroidektomi pada pasien dengan penyakit Grave. Namun, tampaknya tidak efektif pada pasien yang sudah eutiroid pada obat anti-tiroid dan levothyroxine.

Pengobatan penyakit gout (asam urat)

Lugol juga digunakan pada satu waktu sebagai pengobatan jalur pertama untuk hipertiroidisme, karena pemberian farmakologis jumlah iodium menyebabkan penghambatan sementara organifikasi iodium pada kelenjar tiroid, fenomena ini disebut efek Wolff-Chaikoff.

Namun itu tidak digunakan untuk mengobati penyebab autoimun tertentu seperti penyakit tiroid blockade organifikasi iodium yang diinduksi-iodium dapat menyebabkan hipotiroidisme. Mereka tidak dianggap sebagai terapi lini pertama karena kemungkinan induksi hipertiroidisme tahan tetapi dapat dianggap sebagai terapi ajuvan bila digunakan bersama dengan obat hipertirodisme lainnya.

Karena ketersediaannya luas sebagai dipakai, air minum, dan tingginya kandungan kalium iodida, penggunaan darurat itu pada awalnya direkomendasikan kepada pemerintah Polandia pada tahun 1986, setelah bencana Chernobyl untuk mengganti dan memblokir setiap asupan 131I radioaktif, meskipun itu dikenal sebagai agen non-optimal, karena kandungan iodium bebas agak beracun.

Sumber lain menyatakan bahwa Larutan murni kalium iodida dalam air (SSKI) akhirnya digunakan untuk sebagian besar perlindungan tiroid setelah kecelakaan ini. Ada “bukti ilmiah yang kuat” untuk perlindungan tiroid kalium iodida untuk membantu mencegah kanker tiroid. Kalium iodida tidak memberikan perlindungan langsung tetapi dapat menjadi komponen dari strategi umum dalam keadaan darurat radiasi.

Secara historis, larutan iodium Lugol telah tersedia secara luas dan digunakan untuk sejumlah masalah kesehatan dengan beberapa tindakan pencegahan. Lugol kadang-kadang diresepkan dalam berbagai perawatan medis alternatif.

Sampai tahun 2007, di Amerika Serikat, larutan Lugol tidak diatur dan tersedia di atas meja sebagai reagen umum, antiseptik, pengawet, atau sebagai obat untuk aplikasi manusia atau hewan.

Namun, efektif tanggal 1 Agustus 2007, DEA sekarang mengatur larutan Lugol (dan, pada kenyataannya, semua larutan iodium yang mengandung lebih dari 2,2% iodium) sebagai Daftar-I prekursor karena mungkin berpotensi digunakan dalam produksi gelap methamphetamine. Namun, transaksi hingga satu ons cairan (30 ml) larutan Lugol dikecualikan dari peraturan ini. Sebaliknya, larutan iodium Lugol tersedia di atas meja di Kanada dan Meksiko.

Toksiisitas

Karena mengandung iodium bebas, larutan Lugol konsentrasi 2% atau 5% tanpa pengenceran mengiritas dan merusak mukosa, seperti lapisan kerongkongan dan perut. Dosis 10 mL dari larutan 5% telah dilaporkan menyebabkan lesi lambung bila digunakan dalam endoskopi. Dosis mematikan iodium bebas untuk manusia dewasa 2 sampai 3 gram (2000-3000 mg) iodium bebas mewakili 40 – 60 mL (kurang dari 2 ons cairan) larutan Lugol 5%.***