Faktor-faktor Penyebab Perubahan Benda

Posted on

Suatu benda dapat mengalami perubahan misalnya seperti berubah bentuknya, warnanya. hingga berubah kekerasannya. Hal tersebut dpat terjadi karena beberapa faktor antara lain seperti pemanasan, pendinginan, pembakaran, dan pencampuran.

  1. Pemanasan

Bagaimana perubahan pada benda akibat pemanasan? Ketika lilin dipanaskan maka akan mencair. Pemanasan tersebut akan mengubah wujud lilin yang semula dari padat menjadi wujud cair. Perubahan tersebut hanya akan berlangsung sementara. Ketika didinginkan, lelehan lilin tadi akan berubah menjadi padat lagi. Contoh lainnya yaitu es batu yang didiamkan di udara terbuka maka akan mencair. Es batu tersebut dapat menyerap panas dari lingkungan sekitarnya sehingga mencair.

Pemanasan bisa mengakibatkan benda mengalami perubahan wujud. Benda padat dapat berubah wujud menjadi cair. Selanjutnya, benda cair dapat berubah menjadi berwujud gas.

  1. Pendinginan
PELAJARI:  Prinsip Kerja Bimetal Sebagai Sensor Suhu pada Setrika Listrik

Apakah kamu pernah membuat es batu? Untuk membuatnya tentu saja kamu membutuhkan frezer atau alat pendingin.  Air akan membeku dan berubah menjadi es batu dengan bantuan freezer. Uap air yang telah mengalami pendinginan bisa berubah menjadi titik-titik air kembali.

Pendinginan dapat menyebabkan benda-benda mengalami perubahan wujud. Air berubah menjadi es. Uap air berubah kembali menjadi air. Air dapat berada dalam tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Perubahan wujud dari es – air – uap air – air – kembali lagi ke es adalah perubahan wujud bolak-balik

  1. Pembakaran

Pembakaran juga akan mengakibatkan perubahan pada suatu benda. Kertas yang awalnya berwarna putih dapat berubah menjadi hitam. Kertas yang mulanya dapat ditulisiataupun dapat dilipatlipat dapat menjadi hancur seperti debu. Hal etrsebut tentu saja membuat kertas tidak bisa lagi digunakan. Bau kertas juga akan berbeda dengan bau abu. Peristiwa pembakaran trnyata dapat mengubah wujud, aroma, dan bentuk benda.

  1. Pencampur
PELAJARI:  Gaya Magnet dan Contoh-contoh Bendanya

a. Pencampuran tepung kanji dan air

Pernahkah kamu mencampurkan tepung kanji dengan air hangat? Perlu kamu coba dan ketahui bahwa percampuran kedua zat tersebut akan mengubah wujud tepung kanji menjadi lengket sehingga sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat lem.

b. Pencampuran busa kemasan dan tiner

Pernahkah kamu memperhatikan busa kemasan? Busa kemasan umumnya dapat digunakan untuk melapisi barang-barang elektronik. Busa kemasan tersebut dapat berubah wujud apabila dicampur dengan tiner atau bensin. Menurutmu, erubahan apakah yang akan terjadi?

c. Pencampuran air dan semen

Semen juga dapat mengalami perubahan sifat apabila dicampur dengan air. Semen akan berubah menjadi sangat pekat dan lengket. Dengan perubahan sifat tersebut maka semen dapat digunakan untuk bahan perekat bangunan. Sedangkan, ketika semen sudah terkena angin atau sinar matahari maka akan cepat mengeras.

PELAJARI:  Fungsi dan Macam-macam Katrol