Mengenal Apa Itu Keberagaman, Penyebab dan Bagaimana Memaknainya

Makna keragaman yang berhubungan dengan kondisi tertentu dalam suatu masyarakat adalah berbeda – beda dalam segala bidang terutama yang erat hubungannya dengan suku bangsa dan ras, keyakinan dan agama, ideologi, kesopanan dan adat istiadat serta situasi ekonomi.

Keragaman dalam hal ini berkaitan dengan kesederajatan yang mengandung makna sebagai sebuah kondisi dimana dalam perbedaan dan keragaman yang terdapat pada manusia adalah tetap menyimpan suatu kedudukan yang sama dalam suatu tingkatan hierarki.

Keragaman adalah segala bidang yang berhubungan dengan masyarakat dan bersifat majemuk. Dalam hal ini merupakan suatu kondisi yang menunjukkan adanya perbedaan cukup besar di dalam hidup bermasyarakat.

Faktor Penyebab Munculnya Keberagaman

Di Indonesia, keberagaman bisa dibentuk oleh banyaknya jumlah suku bangsa yang menetap di seluruh wilayah Indonesia seperti tersebar di berbagai pulau dan daerah – daerah.

 

Menurut penelitian dari badan statistik yang dilakukan pada tahun 2010 lalu Indonesia tercatat memiliki sekitar 1.128 suku bangsa.

Inilah salah satu bentuk keberagaman yang ada dalam masyarakat, sewaktu – waktu dapat menjadi tantangan yang berhubungan dengan hal – hal terkait disebabkan karena adanya masyarakat yang memiliki perbedaan pendapat dan bisa memicu adanya lepas kendali.

Seperti adanya perasaan – perasaan kesukuan dan kedaerahan secara berlebihan dan dibarengi oleh suatu tindakan yang bisa merusak rasa persatuan, tentu saja bisa mengancam keutuhan berbangsa dan negara RI.

Maka dari itu dilakukanlah sebuah usaha guna dapat mewujudkan kerukunan melalui cara memakai dialog dan kerjasama dengan prinsip – prinsip kesetaraan, kebersamaan, toleransi, dan saling menghormati antara satu dengan yang lainnya.

Indonesia dengan keberagaman masyarakat di dalamnya disebabkan oleh adanya penerimaan masyarakat dengan perubahan yang terjadi, kondisi transportasi disertai komunikasi, adanya perbedaan kondisi alam, keadaan negara – negara kepulauan, dan letak yang strategis dari wilayah di Indonesia.

Masyarakat Tertentu dan Unsur Keragaman

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa unsur keragaman di dalam suatu masyarakat tertentu yang terdiri atas beberapa hal tersebut di bawah ini.

Suku bangsa dan ras

Suku bangsa ini jumlahnya sangat beragam yang menempati seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, maka dari itu muncul perbedaan ras karena adanya pengelompokan besar antar sesama manusia yang mempunyai ciri – ciri biologis sehingga lahirlah hal – hal yang terlihat sama seperti warna kulit, rambut, ukuran tubuh, mata, ukuran kepala dan lain sebagainya.

BACA:  Definisi Pendidikan Karakter - Pengertian Pendidikan Karakter

Agama dan keyakinan masing – masing

Menurut KBBI menjelaskan tentang agama adalah segala sistem atau suatu prinsip terhadap kepercayaan kepada Tuhan atau istilah lainnya yang populer adalah ajaran – ajaran kebaktian dan kewajiban yang berhubungan erat dengan kepercayaan tersebut.

Ideologi dan kondisi politik

Yang dimaksud dengan ideologi merupakan sekumpulan ide – ide atau gagasan yang mana suku kata ideologi itu sendiri pertama kali diciptakan oleh Destutt de Tracy sekitar akhir abad ke – 18 guna mendefinisikan istilah sains yang berhubungan dengan ide.

Jadi dalam hal ini ideologi bisa dianggap sebagai visi yang bersifat komprehensif merupakan cara memandang segala sesuatu yang memiliki sifat banding atau secara umum melihat ideologi diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari yang berhubungan dengan beberapa arah filosofis memandang ideologi sebagai politis. Atau sekelompok ide dan gagasan yang diajukan oleh kelompok yang mendominasi kehidupan dalam suatu masyarakat. 

4. Tatakrama

Dalam bahasa Jawa tatakrama dianggap sebagai adat dan sopan santun atau terselip kondisi basa – basi yang sopan. Pada dasarnya adalah hal – hal yang berhubungan dengan segala perilaku, tindakan, adat – istiadat, ucap dan cakap, dan tegur sapa yang disesuaikan terhadap kaidah atau norma – norma tertentu.

Makna yang Terkandung di Dalam Keberagaman

Ada sejumlah makna yang terkandung dalam keberagaman, diantaranya sebagai berikut:

Makna kesederajatan

Yang dimaksud kesederajatan dalam hal ini adalah berasal dari suku kata sederajat yang menurut KBBI artinya adalah menyerupai tingkatan seperti pangkat atau kedudukan.

Maka dari itu konteks kesederajatan di sini adalah menggambarkan sebuah kondisi dimana di dalamnya terdapat perbedaan sehingga muncul keragaman terhadap manusia yang bersifat tetap dan mempunyai hubungan satu kedudukan yang sejajar dengan tingkatan yang bersifat hierarki.

Perlakuan yang dimaksudkan tersebut di atas adalah dalam bidang apapun tanpa membedakan jenis kelamin, kekayaan, keturunan, suku bangsa, dan lain sebagainya.

Dalam sudut pandang ajaran agama Islam menjelaskan bahwa kedudukan manusia yang sebenarnya adalah sama di dalam segala hal namun yang paling mulia adalah kedudukannya di mata Tuhan merupakan hal – hal dilakukan berdasarkan atas rasa taqwa dan keimanan yang kuat.

BACA:  Pengertian Keadilan Vindikatif dan Contohnya

2/Makna kesetaraan sosial

Maksudnya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan hal – hal berkaitan dengan pola dari tata politik ditujukan kepada masing – masing orang yang menetap pada suatu masyarakat atau grup tertentu yang menyimpan sebuah status sama.

Kesetaraan sosial mencakup hak – hak yang sama berada di dalam lingkungan hukum untuk bisa merasakan keamanan, mendapatkan hak suara, memiliki kebebasan untuk berkumpul dan berbicara, dan hak bersangkutan tidak sebagai hak – hak yang memiliki sifat – sifat tertentu atau secara personal.

Hak yang dimaksudkan adalah akses guna memperoleh perawatan kesehatan, pendidikan, dan pengamanan sosial lainnya yang sama dalam hubungannya dengan kewajiban yang melibatkan semua lapisan masyarakat.

3/Makna keindahan

Menurut KBBI menjelaskan makna keindahan bisa diartikan sebagai sebuah kondisi yang nyaman untuk dipandang, cantik, rupawan, elok atau benar – benar bagus.

Keindahan merupakan segala hal yang dianggap sebagai sumber dari segala rasa. Sedangkan bagi yang memandangnya mendefinisikan keindahan (menurut Leo Tolstoy, seorang pujangga dari Rusia) adalah segala sesuatu yang mampu menyumbangkan rasa senang (juga menurut Humo, seorang pujangga dari Inggris), dan segala hal yang terbanyak menghasilkan rasa suka (Hemsterhuis, seorang pujangga dari Belanda).

Keindahan merupakan salah satu bentuk susunan yang sifatnya teratur dari bagian yang hubungannya erat antara satu dengan lainnya, mempunyai proporsi yang harmonis dan menumbuhkan keserasian terhadap objek dengan memiliki tujuan tersendiri.

Keindahan erat hubungannya dengan keserasian yang diwujudkan ke dalam bentuk ukuran dan perpaduan antara pertentangan dengan keseimbangan.

Ukuran yang dijadikan patokan adalah contohnya terhadap ukuran segi panjang yang menarik yaitu 3 berbanding 5, perpaduan antara kulit yang gelap dengan baju yang mempunyai warna lembut agar terlihat cocok, pertentangan tinggi rendah atau keras lembut dari suara musik adalah dikategorikan indah dan keseimbangan yang tercipta dari seseorang yang memiliki tubuh tinggi memakai baju bergaris horizontal atau orang yang bertubuh pendek mengenakan baju bergaris vertikal adalah dianggap serasi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang materi tentang keragaman. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.