Lapisan- lapisan Atmosfer

Posted on

Lapisan atmosfer tersusun dari udara, makin jauh dari permukaan bumi maka lapisan udara akan makin tipis. Lapisan atmosfer berguna untuk melindungi bumi dari pancaran sinar Matahari.Hal tersebut membuktikan bahwa lapisan atmosfer paling berperan dalam mendukung adanya kehidupan di bumi. Lapisan atmosfer mempunyai ketebalan ± 640 kilometer. Atmosfer terdiri diri dari beberapa lapisan troposfer, stratosfer, mesosfer, dan termosfer.

a. Lapisan troposfer

Lapisan troposfer berada sejauh 10 km dari permukaan bumi sehingga membuatnya yang paling dekat dengan Bumi. Lapisan tersebut dapat memengaruhi cuaca karena sebagian besar awan yang menyebabkan hujan dapat terbentuk di lapisan ini.

b. Lapisan stratosfer

Lapisan stratosfer berada 10 hingga 50 km di atas permukaan bumi. Udara pada lapisan ini begitu dingin dan tipis. Beberapa pesawat terbang dapat mencapai lapisan stratosfer. Perlu kamu ketahui bahwa lapisan ozon juga terletak di atas lapisan ini. Lapisan ozon merupakan lapisan yang penting karena mampu melindungi bumi dari sinar ultraviolet Matahari. Apabila sinar ultraviolet tersebut langsung mengenai Bumi maka akan membunuh semua makhluk hidup.

PELAJARI:  Prasasti-prasasti Kerajaan Tarumanegara

c. Lapisan mesosfer

Lapisan mesosfer berada pada jarak 50-80 km di atas permukaan bumi. Pada lapisan ini memiliki campuran oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida yang sama dengan lapisan di bawahnya akan tetapi hanya memiliki kandungan uap air yang sangat sedikit.

d. Lapisan termosfer

Lapisan termosfer ini letaknya pada ketinggian 80–500 km di atas permukaan bumi. Pada lapisan tersebut sering terjadi efek cahaya yang dapat disebut aurora.

e. Lapisan eksosfer

Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang paling jauh dari permukaan bumi. Lapisan ini berada di ketinggian 700 km di atas permukaan bumi. Nah, setelah lapisan eksosfer maka terdapat angkasa luar.

Atmosfer ini mempunyai fungsi yang sangat penting. Atmosfer melindungi Bumi dari benda-benda angkasa, menjaga agar air tidak menguap ke angkasa luar, dan menghalangi sinar ultraviolet dari Matahari menerobos Bumi.

PELAJARI:  Inilah Struktur Jaringan Tumbuhan