Mengenali Berbagai Macam Tipe Kepribadian Siswa

Posted on

Guru adalah seseorang yang mengajar dan mendidik siswa di dalam kelas. Tugas guru yakni mentransfer ilmu yang dimilikinya kepada semua muridnya tak terkecuali. Tapi terkadang proses mentransfer ilmu itu menjadi lebih susah dan rumit ketika siswa susah memahami ataupun bahkan tidak bisa menerima ilmu yang telah diajarkan oleh sang guru.

Lalu apa yang salah? Mungkin anda harus mengetahui dulu kepribadian mereka agar anda dapat memberikan ” treatment” yang tepat bagi mereka yang sesuai dengan kepribadian mereka. Apa saja tipe kepribadian siswa yang harus anda pahami? Mari kita bahas bersama-sama.

1. Tipe kepribadian melankoli

Tipe kepribadian melankoli ini bisa disebut juga dengan tipe kepribadian yang menginginkan segalanya serba sempurna. Ciri-ciri siswa yang termasuk dalam kepribadian melankoli dapat dilihat secara langsung dari caranya berpakaian yang sangat rapi, buku-bukunya yang juga tertata dengan rapi dan juga sering memberitahu temannya yang kurang rapi agar rapi juga seperti dirinya.

PELAJARI:  Faktor Remaja Terjerumus Dalam Ketergantungan Alkohol

Anak-anak yang memiliki kepribadian melankoli ini biasanya adalah anak yang cerdas dan juga pandai dalam hal akademis. Ciri lain dari anak yang tergolong melankoli adalah bicaranya dingin, suka mengatur dan tidak mau mengalah. Dan setiap pertanyaan yang mereka ajukan harus dijawab secara mendalam, persis sama seperti orang yang menginterogasi.

2. Tipe kepribadian koleris

Tipe kepribadian koleris ini adalah tipe kepribadian yang kuat. Yang suka sekali mengatur dan memerintah, kuat, tegas, kuat dan tak mau mengalah dalam hal apapun. Tipe kepribadian koleris ini tidak memiliki banyak teman karena sifatnya yang suka mengatur dan juga tak suka mengalah.

3. Tipe kepribadian phlegmatis

PELAJARI:  Gangguan pada Peredaran Darah Manusia

Tipe kepribadian phlegmatis adalah tipe kepribadian yang sangat menyukai kedamaian. Ciri-ciri umum yang sering terlihat pada kepribadian phlegmatis adalah mudah sekali diatur, sangat toleran, cenderung diam, kalem dan juga suka mengalah. Seorang phlegmatis juga merupakan pendengar yang baik. Sehingga banyak orang yang suka berteman dengan orang yang memiliki kepribadian phlegmatis ini.

4. Tipe kepribadian sanguinis

Kepribadian ini cenderung ingin populer dan juga terkenal. Ciri-ciri yang lainnya adalah sangat suka menjadi pusat perhatian dan selalu ingin disenangi oleh orang lain di sekitarnya. Kadang seorang sanguinis ini juga seorang yang pelupa, sulit berkonsentrasi dan hidupnya juga tidak teratur.

demikianlah beberapa tipe kepribadian, dengan mengetahui tipe kepribadian tersebut diharapkan guru dapat memberikan pengajaran yang pas untuk anak didik. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.

PELAJARI:  Apa Saja Kenainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan?